KOTA TUAL

Upah Tenaga Kebersihan Tual Akan Dievaluasi

Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Tual, Jamal Renohat

RAKYATMALUKU.COM – TUAL, – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual melalui Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, akan segera mengevaluasi keberadaan tenaga kebersihan yang mencapai jumlah kurang lebih 600 orang.


Pentingnya dilakukan evaluasi ini, guna mengetahui tingkat beban kerja setiap tenaga kebersihan, sehingga hak-haknya dibayar sesuai ketentuan. Demikian disampaikan Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Tual, Jamal Renohat, kepada rakyatmaluku.com di ruang kerjanya, Kamis, 18 Februari 2021.

Menurut Jamal, jumlah tenaga kebersihan yang dikontrak oleh Pemkot Tual sebanyak 600 orang. Dari jumlah tersebut, terdata yang aktif secara normal 592 orang dengan pembayaran upah secara variasi.

Untuk menjamin kerja ratusan tenaga tersebut, Pemkot Tual sendiri mengalokasikan anggaran hingga Rp9 miliar lebih per tahun. “Ke depan kita akan bayar sesuai hari kerja.

Ratusan tenaga kerja tersebut disebarkan ke wilayah Kecamatan Dullah Selatan dan Dullah Utara, Pemkot Tual. Beberapa titik kerja di ruas jalan seperti, lintasan jalan menuju Mako Brimob hingga Ohoitel Watran. Kawasan Desa Fiditan ke Desa Dulla.

Guna melancarkan aktifitas para tenaga kebersihan, Pemkot Tual memfasilitasi kendaraan angkutan sampah, dan 30 bak sampah, yang merupakan bagian dari dukungan Pemprov Maluku. Untuk tahun ini juga, telah diprogramkan pengadaan mobil ambrol sebagai alat penarik bak sampah (kontener-sampah).

Jamal berharap, dalam hal pengelolaan sampah ini, kiranya ada kesadaran bersama dari masyarakat untuk membuang sampah pada waktu yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga tidak merepotkan petugas sampah. Sebab, apabila sampah dibuang lebih dari waktu yang ditetapkan, maka akan berdampak para penumpukan sampah di siang hari, bersamaan dengan padatnya aktifitas masyarakat secara umum. (MG1T)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top