AMBONESIA

Wagub Minta Unpatti Focus Perjuangkan RUU Kepulauan

Zeth Sahuburua

RakyatMaluku.com – PERCEPATAN pembahasan dan pengesahan RUU Daerah Kepulauan untuk segera dapat menjadi UU yang definitif telah melalui satu tahapan pembahasan dalam Pertemuan Audiensi antara DPR RI, DPD RI bersama Badan Kerjasama 8 Provinsi Kepulauan lainnya beberaapa waktu lalu. Di mana, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI, Fahry Hamzah, yang dihadiri dua Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan PPP, serta empat anggota DPD RI dari provinsi kepulauan, termasuk Maluku.

Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua kembali mempertegas dan meminta agar Universitas Pattimura juga ikut focus dalam memperjuangkan rancangan Undang-Undang (RUU) terkait Daerah Kepulauan bersama 7 daerah provinsi kepulauan lainnya. Hal ini disampaikan Zeth Sahuburua dalam sambutannya mewakili Gubernur Maluku Said Assagaff pada rapat terbuka luar biasa senat Universitas Pattimura dalam rangka wisuda sarjana (S1), Profesi Dokter, Magister (S2), dan Doktor (S3) periode Agustus 2018 di Aula Unpatti, Kamis 30 Agustus 2018.

Menurut dia, Maluku mempunyai potensi laut yang besar, sehingga apabila dimanfaatkan maka dapat membawa Maluku ke arah yang lebih baik. Provinsi Maluku merupakan provinsi kepulauan terbesar di Indonesia. “Laut merupakan aset besar kita untuk mengembangkan provinsi ini jauh lebih baik kedepan. Untuk itu kita harapkan unpatti juga ikut berkontribusi untuk memperjuangkan RUU Daerah Kepulaun,” Zeth Sahuburua.

Selain itu Zeth juga meminta agar Unpatti juga ikut mengembangkan potensi pertanian di Maluku. Pasalnya, Maluku dinilai berbeda dengan provinsi lain yang memiliki Sumber Daya Alam (SDM) yang melimpah ruah.

“Bangsa penjajah datang ke Indonesia hanya dengan tujuan untuk datang ke Maluku sebagai penghasil rempah-rempah, atas dasar itu kita harapkan Unpatti dapat juga berkontribusi dalam pengembangan pertanian guna mewujudkan Maluku yang sejahtera.” Kata dia Unpatti juga harus mampu mempersiapkan SDM yang baik dalam pengembangan blok Masela di kabupaten MBD.

“Terakhir saya ingin sampaikan bahwa, Unpatti kedepan dapat menjadi universitas yang unggul, berdaya saing dalam rangka membangun bangsa dan negara khususnya Maluku,” tegas dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top