AMBONESIA

Walikota Kukuhkan 1.342 Wisudawan Paud se-Kota Ambon

RakyatMaluku.com – BERTEMPAT di Auditoriun Universitas PattimuraWalikota Ambon, Richard Louhenapessy mengukuhkan sebanyak 1.342 peserta wisudawan dan wisudawati Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sekota Ambon.

(PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Hal ini diisampaikan Walikota Ambon dalam sambutannya pada giat tersebut.

Kata Walikota, PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan, yakni agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

“Setiap kali kita melaksanakan wisuda bagi anak-anak PAUD di Kota Ambon, karena ini merupakan sebuah langkah awal akademis yang patut dicontohi oleh kita, nantinya merupakan jawaban kebutuhan kita bersama kedepannya,” ujar Richard.

Ambon akan bersaing dengan kota lain yang telah maju, dan kunci persaingan itu salah satunya adalah pendidikan. Untuk anak-anak harus dibiasakan mengenal pendidikan sejak dini. Dengan pendekatan diri kepada dunia pendidikan, anak-anak akan bertumbuh, berkembang dalam suasana pergaulan akademik yang berdampak besar bagi kemajuan masa depannya.

“Sepuluh tahun kedepannya Indonesia akan masuk sebagai era digilitasi dan teknologi karena ini merupakan kunci persaingan dan untuk menjawab kemajuan teknologi ini, maka pendidikan adalah sarana efektif untuk mempersiapkan diri dalam menjemput persaingan,” jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Paud Kota Ambon, Yasmin Budianti mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan rasa anak untuk bersosialisasi secara dini serta mendorong perkembangan sosialisasi emosional dimana anak-anak akan belajar berinteraksi dan bekerjasama dengan teman sebaya.

Kata dia, kegiatan ini juga bisa mendorong anak-anak untuk percaya diri pada saat berada dengan khalayak ramai dan sebagai tanda telah selesainya mengikuti pendidikan Paud dan TK dan siap melanjutakn ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Hari ini, Paud yang diwisudakan berjumlah 1342 orang anak TK 547 Anak dan Paud 795. Kami berharap, bisa membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya,” ujar Yasmin. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top