PRO PILKADA

Watubun Dinilai Layak Dampingi Jokowi

PENGAMAT Politik Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, Komarudin Watubun memiliki kapasitas sebagai cawapres mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Komarudin merupakan salah seorang tokoh yang merepresentasikan wilayah Indonesia Timur.

“Saya kira Pak Komarudin punya kemampuan, punya kapasitas dan memiliki integritas. Pak Komarudin bisa menjadi salah satu tokoh yang merespresentasikan wilayah Indonesia Timur pasca Pak Jusuf Kalla,” ujar Ramses di Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

Ramses juga menilai, kemampuan Komarudin dari aspek integritas dan komitmen kebangsaan tak diragukan lagi. Ketua bidang Kehormatan DPP PDIP itu sangat memahami Ideologi Pancasila, memiliki semangat kebinekaan yang luar biasa, serta paham yuridis ketatanegaraan.

Komarudin diketahui saat ini menjabat anggota Komisi II DPR. Sebelumnya pernah menjadi wakil ketua DPRD Kota Jayapura periode 1999-2004.

Kemudian menjadi anggota DPR Papua pada 2004-2009. Selain itu, Komarudin juga pernah menjabat ketua PDI Perjuangan Provinsi Papua periode 2000-2005 dan 2005-2010.“Saya kira, dengan segala kelebihan yang dimiliki, baik dari segi kapasitas dan kapabilitas, Komarudin Watubun sangat layak masuk bursa cawapres mendampingi Jokowi,” ucapnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini mengakui, ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan partai politik dalam menentukan pasangan capres-cawapres yang akan diusung.

Namun satu hal yang biasanya menjadi perhatian yaitu keterwakilan wilayah Seperti pada Pilpres 2014 lalu, Joko Widodo representasi tokoh dari Pulau Jawa berpasangan dengan Jusuf Kalla, representasi tokoh dari luar Pulau Jawa. Hasilnya, Jokowi-JK dipilih mayoritas masyarakat Indonesia. (Gir/JPNN)

 

======================
--------------------

Berita Populer

To Top