Uncategorized

Widya MI Perkenalkan Baju Tanimbar

Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail (tengah) menggunakan pakaian adat Tanimbar tampil di ajang fashion show Baju Adat Nusantara. Ajang tersebut digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis 25 Juli 2019.

MEMERIAHKAN HUT PKK Ke-47 Tingkat Nasional, PKK Maluku tampil dalam ajang fashion show baju adat. Dan Provinsi Maluku memamerkan baju adat tenun Tanimbar dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sebagai modelnya, Istri Gubernur Maluku yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail, tampil lengkap dengan segala atribut pakaian adat khas Bumi Duan Lolat tersebut.

Widya MI, tampil mewakili perempuan asal negeri berjuluk “Seribu Pulau” ini di ajang fashion show Baju Adat Nusantara. Ajang tersebut digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis 25 Juli  2019 kemarin.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh peserta dari seluruh Provinsi se- tanah air ini, Widya MI mengenakan busana adat perempuan Tanimbar dan sekaligus tampil di panggung fashion show.

“Ibu Widya tampil mengenakan Baju Adat Tanimbar dan tampil secara memukau  dengan mengenakan kain tenun ikat Tanimbar berwarna merah ditambah aksesoris di kepala” kata Ny. Joice Fatlolon,  Ketua TP PKK KKT.

Ia menjelaskan bahwa Ny. Widya mengenakan sejumlah aksesoris di kepala dan tubuhnya seperti  yang melambangkan keagungan martabat kaum wanita Tanimbar, emas di dahi atau di sebut Mas Dedin yang  melambangkan kemegahan, kewibawaan dan kemakmuran.

Selain itu, kalung yang di sebut Ngoras dikenakan pada leher melambangkan keibuan sejati dan kelemahlembutan seorang wanita Tanimbar.

Kemudian, gelang yang disebut Belusu terbuat dari gading gajah dan dikenakan di kedua lengan wanita Tanimbar melambangkan kesetiaan, ketahanan dan kedudukan dalam masyarakat.

Ikat pinggang atau yang di sebut Berun Ampil adalah kain yang di pasang dengan pernak pernik berwarna keemasan melambangkan kewibawaan dan tanggung jawab.

“Keseluruhan pakaian adat wanita Tanimbar yang dikenakan oleh ibu Widya ini melambangkan kecantikan dan derajat kaum wanita Tanimbar yg begitu diagungkan dan dihormati,” tandas Joice.

Joice Fatlolon mengaku bangga karena pakaian adat ini diperkenalkan langsung oleh istri orang nomor satu di Provinsi Maluku dalam ajang bergengsi tingkat nasional dan disaksikan oleh perwakilan perempuan adat se-Nusantara. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top