NASIONAL

Yuk Kenalan Sama Pantai Temajuk Primadona Destinasi Wisata di Kabupaten Sambas

RAKYATMALUKU.COM – JAKARTA – Netizen Perbatasan (Netas) tentu tahu betul bahwa Pulau Kalimantan yang berbatasan dengan negara Malaysia merupakan salah satu Pulau besar yang dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi Netas tahu nggak sih kalau ada Pantai Temajuk yang jadi primadona tujuan wisata di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat?


Yuk kenalan dulu sama Pantai Temajuk. Pantai Temajuk ini berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Jika Netas berkunjung ke Pantai Temajuk, hamparan pasir putih dan deru ombak akan memanjakan mata, apalagi Pantai Temajuk punya air yang masih jernih.

Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, menyampaikan antusias wisatawan lokal maupun dari negara tetangga untuk mengunjungi Pantai Temajuk masih tinggi. “Sabtu-Minggu bisa 2.000 orang yang datang kesana,” kata Suhajar, Kamis (19/11/2020).

Ia menceritakan bahwa para turis lokal maupun dari negara tetangga Malaysia datang ke Pantai Temajuk untuk melihat matahari terbenam. Untuk sampai ke Pantai Temajuk biasanya wisatawan dari Malaysia menggunakan ojek motor warga Temajuk. “Mereka harus naik ojek turis-turis Malaysia yang menengah kebawah, karena jalannya belum belum selesai,” sambung Suhajar.

Jangan khawatir Netas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) anggota BNPP sudah memetakan jalan sepanjang 2,7 Km untuk diperbaiki.

Pasti tak puas jika hanya menikmati keindahan Pantai Temajuk dalam waktu satu hari. Netas tak perlu khawatir, di dekat Pantai Temajuk sudah tersedia homestay yang bisa disewa kapan saja.

Selain dapat melihat pemandangan alam yang indah, di Pantai Temajuk Netas juga bisa melihat para nelayan memanen ubur-ubur lho. Dari informasi yang dihimpun oleh Tim Humas BNPP, Netas bisa mencoba rujak ubur-ubur di Pantai Temajuk.

Suhajar mengatakan ubur-ubur merupakan satu dari sekian banyak komoditas unggulan yang diekspor dari Sambas melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Biasanya ubur-ubur dari Pantai Temajuk diekspor untuk bahan baku kosmetik.

Dari data yang dimiliki BNPP periode Desember 2019 hingga Maret 2020 jumlah produksi komoditas perikanan ubur-ubur dan cumi-cumi sebanyak 219.116 KgM dengan nilai ekspor Rp. 438,5 Juta.

Jangan lupa masukin Pantai Temajuk di destinasi tujuanmu saat liburan ya Netas. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, Netas wajib mematuhi protokol kesehatan saat mengunjungi Pantai Temajuk ini.(**)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top