NEWS UPDATE

1.071 JCH Maluku Dilepas Ke Tanah Suci

RakyatMaluku.com – SEKRETARIS Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Hamin Bin Taher resmi melepas 1.071 dari total 1.090 Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku. Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Sekda didampingi Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad kepada Ketua Rombongan JCH Maluku, berlangsung di Aula Asrama Haji Transit Waiheru Ambon, Kamis, 19 Juli 2018.

Dalam sambutannya mewakili Gubernur Maluku, Sekda mengatakan, haji mabrur merupakan prioritas setiap jamaah calon haji saat menjalankan ibadah suci dari rukun Islam kelima itu. Dituntut bagi setiap jamaah agar senantiasa bertindak dengan baik di setiap pelaksanaan ibadah haji yang berlangsung di kota kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Laksanakan ibadah haji dengan sebaik mungkin. Jaga kesehatan agar proses pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” pesan Sekda.

Ditekankan, JCH harus memanfaatkan momen­tum ini dengan baik dan benar, mengingat menu­naikan ibadah haji saat ini cukup sulit disebabkan daftar antrian yang cukup panjang.

Pada kesempatan itu, Sekda mengungkapkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku saat ini sedang mengurus proses penghibahan lahan untuk pembangunan jalan masuk-keluar bus dari asrama haji.”Sementara diproses, semoga cepat terealisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad menyebutkan, total kuota haji Maluku tahun 2018 masih tetap mencapai 1.090 CJH, namun disebabkan 17 orang mutasi keluar karena keluarga dan pindah tugas, 1 orang mutasi masuk, 2 orang meninggal dunia, serta 1 orang menunda keberangkatan dengan alasan tertentu.

Atas dasar itu, sehingga total Jamaah Calon Haji Maluku yang akan bertolak ke Embarkasi Makassar berjumlah 1.071 dengan rincian: Kota Ambon 355 jamaah, Kabupaten Maluku Tengah berjumlah 129 orang, Kabupaten Maluku Tenggara 71, Kabupaten Seram Bagian Barat 104, Kabupaten Buru 98, Kabupaten Seram Bagian Timur 100, Kabupaten Kepulauan Aru 43, Kabupaten Maluku Tenggara Barat berjumlah sedikitnya 9 orang, Kota Tual 104, Kabupaten Buru Selatan 46, Kabupaten Maluku Barat Daya 4 orang, dan ditambah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) berjumlah 8 orang.

”Jadi total keseluruhan JCH Maluku Tahun 2018 yang diberangkatkan sebanyak 1.071 orang,” sebut Musaad saat menyampaikan Laporan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Maluku Tahun 2018.

Dari keseluruhan jumlah tersebut, Kakanwil menguraikan, Jamaah Calon Haji Provinsi Maluku terdiri dari laki-laki sebanyak 425 orang dan Perempuan sebanyak 646 orang. Sementara jamaah tertua dan termuda tahun ini berasal dari Kabupaten Buru Selatan, atas nama Larika Siompu (91) dan Sawiya Hasan (25).

”Kami juga menyatakan lengkap seluruh data jamaah calon haji seperti: paspor, visa, daftar manifest, pramanivest, daftar normatif tetap dan dokumen lainnya,” tandasnya.

Jamaah Calon Haji Provinsi Maluku sendiri terdiri dari tiga kloter, yaitu kloter 10, 11 dan 12. Jamaah akan diberangkatkan pada 21 sampai 23 Juli 2018. Kloter 10 akan menempati wilayah Mahbas Jin sektor 7, Maktab 7, nomor rumah: 707 dengan daya tampung 249 jamaah dan nomor rumah 708 yang mampu menampung 206 jamaah Kloter 11 akan menempati wilayah Jarwal sektor 11 Maktab 67, nomor rumah 1106 memiliki daya tampung 455 jamaah. Sedangkan Kloter 12 juga akan menempati wilayah Jarwal sektor 11, Maktab 69, nomor rumah 1105 yang dapat menampung 172 jamaah plus gabungan kloter jamaah asal Makassar. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top