BERITA COVID-19

225.455 Warga Kota Ambon Sudah Divaksin

AMBON.- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, dari 274.194 orang sampai dengan hari ini, telah tervaksinasi pertama 225.455 orang atau 82,88%. Hasil itu menjadikan Kota Ambon berada pada posisi tertinggi tingkat vaksinasi di Maluku.

“Untuk vaksinasi kedua sudah diikuti 133.836 orang atau 48,80%. Dan vaksinasi ketiga untuk tenaga medis kurang lebih 1139 orang,” kata Richard kepada wartawan, Jumat 19 November 2021.

Walikota mengungkapkan, sebetulnya dari target herd immunity untuk Kota Ambon, dengan indikator 70% vaksinasi yang telah dilaksanakan, maka Ambon sudah berada dan melewati ketentuan herd immunity yang berlaku di sebuah kota dengan tingkat pencapaian di atas 70%.

Sehingga, secara nasional Kota Ambon telah dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level I. Akan tetapi ada indikator kedua yang ditambahkan oleh BNPB, yaitu selain 70% maka vaksinasi lansia harus mencapai 60%.

“Sedangkan di Kota Ambon vaksinasi lansia baru mencapai 57%,” terangnya.

Penerapan PPKM level I belum dapat dilaksanakan di Ambon, karena harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satu indikator atau syarat Kota Ambon hingga kini masih menyandang status PPKM level II, karena target vaksinasi
terhadap para lansia belum dicapai oleh Pemerintah Kota atau Pemkot Ambon.

Dia menjelaskan, jika syarat atau target vaksinasi terhadap lansia telah mencapai 60 persen, maka PPKM level I bisa diterapkan di Kota Ambon. Pemerintah Kota Ambon akan terus berupaya agar target capaian vaksinasi bagi kaum lansia terpenuhi guna melengkapi persyaratan untuk penerapan PPKM level I di Ambon.

“Akhir November 2021 dan paling lambat awal Desember 2021 target 60 persen vakinasi lansia itu sudah kita capai lewat vaksinasi dari rumah ke rumah atau door to door,” ujarnya. (ARI)

--------------------

Berita Populer

To Top