--------
KESEHATAN

5 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

SIAPAPUN bisa terkena jerawat yang bisa muncul di wajah, punggung dan leher. Tak heran, banyak orang yang mencoba menghilangkan jerawat lantaran bisa menurunkan rasa percaya diri.

Bila Anda perlu menghilangkan jerawat dengan cepat tetapi tidak ingin meninggalkan bekas, ada beberapa solusi mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Seperti dilansir laman India Times, inilah beberapa home remedies untuk membersihkan jerawat dengan cepat.

1. Es atau uap daerah yang berjerawat
Es membantu dengan cepat mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat dengan memperbaiki sirkulasi darah di daerah yang terkena, menghilangkan kotoran dan mengencangkan kulit kulit juga.

Uap akan membantu membuka pori-pori Anda dan menyingkirkan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori Anda yang menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

Cara: Bungkus beberapa potong es yang hancur atau es batu di selembar kain dan tahan di daerah yang terkena selama beberapa detik setiap kalinya.

Ulangi ini beberapa menit kemudian. Kemudian, biarkan upa air hangat bersentuhan dengan wajah Anda selama beberapa menit. Bilas wajah Anda dengan air hangat dan oleskan pelembab setelah mengering.

2. Oleskan pasta gigi pada jerawat Anda
Anda mungkin menggunakan pasta gigi setiap pagi untuk membersihkan gigi Anda, tapi pasta gigi juga bisa menyingkirkan jerawat Anda dengan cepat dan efektif. Pasta gigi mengandung baking soda dan hydrogen peroxide, keduanya efektif dalam menghilangkan jerawat. Pastikan Anda tetap menggunakan pasta gigi putih, bukan varian gel, karena bahan tambahannya bisa lebih menyebalkan pada kulit Anda.

Cara: Terapkan pasta gigi putih pada jerawat Anda dan biarkan semalam, kemudian cuci bersih di pagi hari dengan air.

3. Gunakan minyak pohon teh
Ekstrak minyak pohon teh adalah salah satu pilihan paling ampuh untuk melawan bakteri penyebab jerawat yang paling umum.

Faktanya, penelitian telah membuktikan bahwa gel yang mengandung hanya 5 persen minyak pohon teh adalah 4-5 kali lebih efektif daripada obat plasebo biasa dan sama efektifnya dengan benzoyl peroxide, obat umum untuk mengobati jerawat.

Cara: Campur sedikit minyak pohon teh ke dalam setengah cangkir air sebelum mencelupkan kapas ke dalam larutan dan langsung menerapkannya pada jerawat. Ulangi ini 1-2 kali sehari. Gunakan pelembab setelahnya, jika diperlukan.

4. Minyak esensial lainnya
Minyak atsiri berbasis cengkeh, misalnya, dapat menjadi sama, jika tidak lebih, efektif dan lebih cepat dalam menyingkirkan jerawat daripada peroksida benzoyl tradisional.

Cara: Serupa dengan penggunaan minyak pohon teh.

5. Lidah buaya
Lidah buaya mengandung senyawa yang diketahui melawan bakteri, mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan. Itulah mengapa sering dianjurkan untuk mengobati kondisi seperti luka bakar, ruam bahkan psoriasis. Namun, gel aloe vera bila digabungkan dengan obat lain, bagaimanapun, seperti krim tretinoin, misalnya, secara signifikan lebih efektif daripada menggunakan lidah buaya dengan sendirinya.

Cara: Menggosok beberapa gel lidah buaya dan menerapkannya ke daerah yang terkena atau mencampurnya dengan perawatan lain sebelum mengaplikasikannya. Ulangi proses ini 1-2 kali atau lebih dalam sehari. (fny/jpnn)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top