HUKRIM

Berkas Orno Masih Diteliti Jaksa

ODIE ORNO

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, — Berkas perkara Desianus Orno alias Odie Orno dan Margareth Simatauw serta Rico Kontul, masih diteliti penuntut umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku. “Masih di jaksa. Sementara diteliti,” ungkap Kasubdit Tipikor Kompol Gerald Wattimena kepada wartawan di Kota Ambon, Minggu, 2 Mei 2021.

Ia berharap agar kasus ini segera tuntas sehingga para tersangka secepatnya dijatuhi hukuman sesuai perbuatan mereka. “Ya, kami harapkan demikian (berkas Orno Cs lengkap) dan mereka akan mempertanggung jawabkan perbuatan mereka di persidangan,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ditrkimsus Polda Maluku menetapkan Desianus Orno sebagai tersangka sejak 12 Januari lalu namun penetapan tersangka terhadap adik kandung wakil gubernur Maluku itu baru diumumkan dua hari lalu karena Polda Maluin harus terlebih dahulu menunggu keluarnya sengketa hasil Pikada.

Sebab, Desianus saat Pilkada serentak Desember 2020 ikut sebagai peserta Pilkada dan menggugat hasil Pikada ke Mahkamah Konstitusi.

Untuk diketahui, kasus dugaan korupsi pengadaan empat buah speedboat di Dishub Kabupaten Maluku Barat Daya masuk ranah hukum setelah BPK melakukan audit terhadap pengadaan empat unit speedboat tersebut yang dianggarkan dari APBD senilai Rp 1,5 miliar.

Dari hasil audit BPK, diduga telah terjadi manipulasi anggaran lantaran empat buah speedboat itu belum juga dikirim ke Tiakur, ibu kota Maluku Barat Daya sesuai waktu yang ditentukan.

Padahal, anggaran pengadaan dua dari empat speedboat sudah cair 100 persen sejak 2016. Saat ini, empat speedboat yang dipesan dengan dana APBD tak bisa digunakan karena dalam keadaan rusak. (**)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top