BERITA COVID-19

Binda Gelar Vaksinasi Door To Door di Negeri Hitu Lama

RAKYATMALUKU.COM – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Maluku melaksanakan vaksinasi Covid-19 lanjutan dengan cara Door To Door atau mendatangi langsung warga dari rumah ke rumah di Negeri Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu, 8 Januari 2022.

“Jadi, tidak hanya di siang hari, vaksinasi oleh Binda Maluku kali ini dilakukan hingga malam hari pukul 21.00 Wit, dengan sasaran sebanyak 250 warga Negeri Hitu Lama,” kata Kepala Binda Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E, kepada RakyatMaluku.com.

Menurut Jimmy, pelaksanaan vaksinasi hingga larut malam ini ditujukan agar tidak mengganggu aktivitas keseharian masyarakat Negeri Hitu Lama yang biasanya bekerja di siang hari untuk memancing, bertani, dan berkebun.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi, Binda Maluku bekerjasama dengan Lantamal IX Ambon, dimana Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) yang melakukan vaksinasi berasal dari Tim Nakes Lantamal IX Ambon sebanyak satu tim,” katanya.

Di jelaskan, secara khusus kegiatan vaksinasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kekebalan komunal atau Herd Immunity masyarakat di kawasan Jazirah Pulau Ambon, yang saat ini masih berada dalam urutan lima terbawah dengan capaian terendah vaksinasi di Provinsi Maluku.

“Di samping itu, vaksinasi Covid-19 juga menyasar kepada lansia yang capaiannya masih rendah,” jelas Jimmy.

Dengan adanya kegiatan Vaksinasi hingga larut malam ini, diharapkan dapat meningkatkan antusias masyarakat di kawasan Jazirah Pulau Ambon untuk mengikuti kegiatan vaksinasi tahap I dan II, serta tetap menjaga ketat protokol kesehatan.

Di sisi lain, lanjut Jimmy, kegiatan vaksinasi door to door yang dilakukan hingga larut malam ini, juga memudahkan masyarakat dalam mengakses fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang dinilai cukup jauh.

“Dalam kesempatan ini, setiap masyarakat yang telah divaksin mendapatkan satu paket sembako. Pemberian paket sembako ditujukan sebagai bantuan bagi warga Negeri Hitu Lama ditengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Dan Binda Maluku juga akan terus mengadakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di setiap kabupaten/ kota se-Maluku, untuk meningkatkan capaian vaksinasi Provinsi Maluku yang sementara ini masih di bawah 70% pada tingkat Nasional,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan vaksinasi, Kepala Bagian Dukungan Operasi Binda Maluku, Letkol Laut (KH) Rusendra Ichwan, dan Raja Negeri Hitu Lama. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top