AMBONESIA

BPBD Akomodir Korban Bencana Ambon

RakyatMaluku.com – BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, mengakomodir perubahan warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam di Kota Ambon beberapa waktu lalu, untuk masuk dalam program perencanaan BPBD Kota Ambon. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paays, kepada wartawan kemarin.

Menurut dia, seluruh rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam kemarin, telah dimasukan dalam program perencanaan BPBD Kota Ambon, untuk mendapatkan prioritas perbaikan. Namun, untuk saat ini pihak BPBD sendiri masih melakukan impentarisir. Untuk itu, yang sementara di buat adalah bersifat tanggap darurat untuk jangka waktu pendek kedepan.

Tapi terkait dengan masalah rehabilitasi dan rekonstruksi itu akan dilakukan dalam satu perencanaan, karena kondisi seperti saat ini belum stabil.

“Nanti setelah selesai bencana, kondisi iklim sudah membaik, kita akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap rumah warga yang rusak, dan bisa saja itu akan masuk dalam bantuan APBD Kota Ambon, maupun dari Bantuan pemerintah pusat yang akan kita minta,” ujar Demmy saat dikonfirmasi Rakyat Maluku kemarin.

Akui dia, berdasarkan hasil koordinasi PBBD dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), khusus untuk Kota Ambon dan sekitarnya ini masih dalam musim penghujan dengan tingkat intensitas hujan yang sangat tinggi dan akan berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus 2018 ini.

“Jadi sementara ini kita tetap masih dalam tahap siap siaga terhadap dampak bencana, baik itu banjir, longsor dan pohon-pohon yang tumbang akibat daripada cuaca buruk di Kota Ambon.” Kata Demmy, pada prinsipnya BPBD Kota Ambon akan mengatensikan untuk dilakukan perencanaan untuk rekonstruksi dan rehabilitasi rumah warga yang rusak.

Sejumlah rumah atau bangunan warga yang ruak itu telah didata oleh BPBD Ambon. Pihaknya juga telah menyampaikan persoalan tersebut dalam rapat yang digelar, Senin tadi bersama dengan pihak Bank Dunia maupun Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mencari solusi bagaimana menanggulangi kerugian bencana alam di Ambon.

“Paling tidak agar pemerintah tidak tutup mata melihat persoalan itu. Dan usul saran yang kami sampaikan tadi itu telah diapresiasi dalam rapat tersebut,” tutup dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top