BERITA COVID-19

Cegah Penyebaran Covid, Dosen IAIN Ambon Mengajar Online

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Sejumlah dosen di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon masih terus melakukan pembelajaran secara daring atau online. Pembelajaran secara online ini dilakukan sesuai anjuran pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI dan instruksi pimpinan di IAIN Ambon, dalam rangka pencegahan wabah Coronavirus disease 2019 (Covid-19).


Dosen yang juga Kepala PTIPD IAIN Ambon, M. Fauzan Bahadjai, ST., M.Eng menjelaskan, alasan pembelajaran online ini dilakukan sesuai edaran Rektor IAIN Ambon bahwa semester ini, proses perkuliahan dilakukan secara online. Arahan tertinggi juga disampaikan oleh Kementerian Agama RI, dalam hal ini Dirjen Pendidikan Tinggi Islam langsung kepada IAIN Ambon sebagai rujukan dalam pembelajaran online, jelas Fauzan kepada rakyatmaluku.com, Rabu, 11 November 2020.

Di mana, tujuan utama dari pembelajaran online saat ini, dalam rangka mencegah wabah Covid-19, dan meningkatkan kesadaran bersama para mahasiswa sebagai agent untuk mensosialisasikan kepada warga, tentang pentingnya meningkatkan protokol kesehatan.

Lebih jauh dijelaskan Fauzan, sebenarnya metode pembelajaran online ini sudah dilakukan sejak empat semester lalu, jauh sebelumnya adanya pandemi Covid-19. Pembelajaran online ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih para mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi informasi, yang berguna dan dapat bermanfaat saat mereka lulus dari IAIN Ambon.

Dosen yang mengampuh mata kuliah ‘Aplikasi Komputer dan Manajemen Keuangan’, ini lebih jauh menjelaskan, pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19 ini sangat bermanfaat. Di mana, para mahasiswa lebih kreatif mengembangkan pengetahuan yang didapatkannya secara teori, dan langsung dapat dipraktekkan. Sebab, pembelajaran online dimaksudkan untuk lebih mendekatkan para mahasiswa dalam dunia praktikum terkhusus untuk mata kuliah yang diampuhnya.

Di mana, menurut Fauzan, para mahasiswa sangat membutuhkan bimbingan untuk menfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat di saat sekarang. Sepengetahuan Fauzan, teknologi informasi sejak dulu sampai kini, dan seterusnya memiliki manfaat untuk menyeimbangkan tsunami informasi yang berkembang di masyarakat. Ketika para mahasiswa atau dosen kurang maksimal memanfaatkan teknologi informasi, maka dipastikan dirinya akan tertinggal dari derasnya informasi yang berkembang. Untuk itu, para mahasiswa harus dibekali secara intens dalam memanfaatkan teknologi terkini yang tepat dan akurat.

Ia berharap, penggunaan teknologi dan informasi dalam pembelajaran, baiknya diterapkan tidak hanya dalam masa pandemi Covid-19 saja, tapi harus dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan tantangan dan kebutuhan pembangunan sesuai visi IAIN Ambon, yakni profesional dalam pengintegrasian ke-Islam-an, ke-ilmu-an dan teknologi.(WHL)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top