KESEHATAN

Cegah Radang Tenggorokan, Perhatikan Aturan Minum dan Makan saat Puasa

BEBUKA puasa paling enak langsung menyantap yang manis, dingin, pedas, dan goreng-gorengan. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa kebiasaan itu menyiksa tenggorokan?

Ketua Departemen Ilmu Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FKUI) dr. Fiastuti Witjaksono SpGK menjelaskan, pada saat berpuasa tubuh tidak diisi oleh nutrisi selama hampir 14 jam. Ketika berbuka atau sahur, tubuh membutuhkan penyesuaian kembali dengan apa yang masuk ke dalam tubuh. Begitu juga dengan tenggorokan.

“Untuk mencegah infeksi pada tenggorokan, pilihlah makanan dan minuman yang sesuai dengan suhu tubuh normal manusia yaitu 37°C,” ujar Fiastuti dalam keterangan tertulis, Selasa (22/5).

Oleh karena itu, Fiastuti menegaskan agar masyarakat menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sebab, hal itu dapat memicu reaksi stres pada mukosa tenggorokan sehingga kuman lebih mudah masuk.

“Hindari juga makanan berminyak seperti gorengan karena dapat menyebabkan iritasi atau radang pada tenggorokan,” jelasnya.

Fiastuti menambahkan, selain menghindari makanan dan minuman pemicu radang, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh ketika puasa. Misalnya buah dan cukup minum air putih.

Fisatuti memberikan tips makanan dan minuman yang tepat disantap selama berpuasa. Pada saat puasa, waktu makan terbagi menjadi tiga, yaitu sahur, berbuka, dan setelah tarawih.

Saat Sahur
Utamakan mengonsumsi makanan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, sayur, dan buah, serta air putih 2-3 gelas. Hindari minuman yang manis karena dapat mempercepat munculnya rasa lapar.

Saat Berbuka
Saat berbuka, awali dengan makanan/minuman yang manis untuk mengganti kadar glukosa darah yang sudah turun selama berpuasa seperti teh manis, kurma, dan kolak. Lanjutkan dengan makan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah, serta minum 3-4 gelas air putih.

Usai Tarawih
Setelah tarawih bisa diisi kembali dengan makanan kecil serta air putih 1-2 gelas. Sehingga tak ada balas dendam makan atau minum di saat berbuka puasa. (ika/ce1/JJawaPos)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top