Uncategorized

Daerah 3T Harus Dibangun Agar Tak Jadi Tempat Pembuangan

,,,,,

Rakyatmaluku.com – Pasangan calon (Paslon) nomor 2, Benyamin Thomas Noach – Agustinus Lekwardai Kilikily (Benyamin Ari) bertekad akan membangun pulau-pulau atau daerah yang tergolong Terdepan Terpencil dan Teringgal (3T) yang selama ini terabaikan dalam pemerintahan sebelumnya, agar pegawai yang ditugaskan di wilayah itu terutama tenaga didik dan medis bisa betah mendiami dan menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kita akan bangun pulau-pulau terdepan dan tertinggal ini. Kita siapkan fasiltas perumahan bagi guru dan para medis, bangun infrastrukturnya terutama jalan, serta perlancar konektifitasnya agar mereka yang ditugaskan bisa betah,” kata Agustinus Lekwardai Kilikily kepada Rakyat Maluku, belum lama ini di Tiakur.

Calon wakil bupati yang akrab disapa Ari ini juga mengatakan, ada beberapa pulau di MBD yanh selama ini dianggap sebagai tempat pembuangan aparat sipil negara, antara lain, Pulau Wetar, Pulau Lirang, Pulau Kisar, Damer, Metimarang dan Dai dan Dawelor juga Marsela.

“Banyak ASN yang ditugaskan di tempat-tempat ini tidak betah. Alasannya tidak ada tempat tinggal yang layak atau akses informasi serta transportasinya susah. Akhirnya pergi bertugas sebentar saja, mereka sudah keluar dan tak mau kembali,” ujar mantan Kepala Dinas Perbatasan MBD ini.

Ia juga mengakui periode sebelumnya, pemerintah daerah lebih fokus membangun ibu kota kabupaten yang baru sehingga banyaj pulau-pulau yang terabaikan. Bukan cuma itu ada proyek di pulau terluar yang dipindahkan oleh penguasa saat itu. Misalnya rumah sakit pratama di Lirang juga jalan non status di Wetar.

“Image bahwa pulau-pulau terluar ini adalah tempat pembuanhan akan kita rubah. Pembangunan infrastruktur harus merata di semua pulau. Ini yang sudah mulai dilakukan pak Oyang (sapaan akrab Benyamin Thomas Noach) selama 1 tahun lebih memimpin MBD. Infrastruktur jalan sudah mulai dikerjakan di Leti, Sermatang, Luang, Kisar, Wetar, Babar bahkan di pulau Wetang dan sejumlah pulau lainnya,” demikian Ari Kilikily . (**)

--------------------

Berita Populer

To Top