DPRD SBB

DPRD SBB Teken Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD 2020

RAKYATMALUKU.COM – SBB,- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar rapat Paripurna Istimewa Masa Sidang IV Tahun Sidang I Tahun 2020 tentang Penandatangan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Platform Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 bersama Pemerintah Daerah Kabupaten SBB, Senin, 28 September 2020.


Rapat Paripurna yang berlangsung pada Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kabupaten SBB dipimpin Ketua DPRD, Abd. Rasyid Lisaholit, S.Pi didampingi Wakil Ketua II, Arifin P. Grisya, SH dan Wakil Ketua II, La Nyong serta Bupati SBB, M. Yasin Payapo.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD SBB, Abd. Rasyid Lisaholit menjelaskan, perubahan APBD Pasal 162 ayat (3) Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah yang menyatakan, bahwa dalam rancangan KUA dan PPAS perubahan APBD, disajikan secara lengkap penjelasan mengenai perbedaan asumsi KUA yang ditetapkan sebelumnya. Program dan kegiatan yang diusulkan dapat ditampung dalam perubahan APBD dengan mempertimbangkan sisa waktu pelaksanaan APBD tahun anggaran yang berjalan.

Menurut dia, capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus dikurangi dalam perubahan APBD, apabila asumsi KUA tidak tercapai. Dan, capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus ditingkatkan dalam perubahan APBD apabila melampaui asumsi KUA.

Atas dasar itu, lanjut dia, Pemda telah menyampaikan rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) serta rancangan PPAS perubahan APBD Kabupaten SBB tahun anggaran 2020 kepada DPRD beberapa waktu yang lalu, yang telah dibahas secara mendalam oleh Badan Anggaran DPRD dan tim anggaran pemerintah daerah. “Hal ini menunjukan komitmen kita bersama untuk benar-benar menjadikan KUPA dan PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 sebagai dokumen perencanaan anggaran yang efisien, transfaran dan akuntabel. Secara kelembagaan DPRD dan Pemerintah Daerah SBB telah menyepakati rancangan KUPA dan PPA perubahan APBD Tahun 2020.”

Selaku pimpinan DPRD, Rasyid menyampaikan terima kasih kepada Badan Anggaran Dewan dan Tim Anggaran Pemda yang telah berupaya secara maksimal untuk membahas KUPA serta prioritas dan platform perubahan APBD Tahun Anggaran 2020. “Kita akan berproses lagi untuk pembahasan RAPBD perubahan Yahun 2020, untuk bisa ditetapkan sebagai Perda APBD Perubahan Tahun 2020 dalam waktu dekat ini. Apa yang kita lalukan ini akan menjadikan daerah kita ini lebih baik ke depan. Sesuai dengan cita-cita kita untuk “kas bae daerah ini”, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat di Bumi Saka Mese Nusa,” kata Rasyid. (*)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top