Uncategorized

DPW PPNI Provinsi Maluku Gelar Seminar Nasional Keperawatan

RakyatMaluku.com – DEWAN Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Komisariat Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon, mengadakan Seminar Nasional Keperawatan. Seminar Nasional yang dibuka Gubernur Maluku, Said Assagaff, ini diselenggarakan di Gedung Serbaguna Maluku City Mall (MCM), awal pekan kemarin.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI Harif Fadillah, S.Kp, SH., MH.Kes., pada sambutannya menyatakan, Seminar Nasional ini merupakan bagian dari proses penguatan kelembagaan organisasi PPNI, dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai organisasi profesi yang mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan dan pemeliharaan pengetahuan serta ketrampilan, martabat dan etika profesi serta mempersatukan perawat seluruh Indonesia untuk menunjang pembangunan nasional.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PPNI didampingi Ketua DPW PPNI Provinsi Maluku memberikan penghargaan dalam rangka perjuangan pengesahan undang-undang keperawatan kepada Gubernur Maluku dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, yang hadir pada acara ini. Seminar berlatar Praktik Mandiri Keperawatan ini, menghadirkan peserta dari kalangan perguruan tinggi, sekolah, serta instansi pemerintah terkait di bidang kesehatan.

Sementara Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Abdul Halim Daties, ketika membacakan sambutan tertulis Said Assagaff, meminta agar seminar ini memberikan konstribusi pengetahuan dan pengalaman kepada para peserta, untuk peningkatan program kesehatan di Maluku pada umumnya.

Bagi Halim, pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional, yang merupakan bagian internal dari pelayanan kesehatan, yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan berbentuk pelayanan biopsikososial spiritual, yang koferehensif ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat dengan mencakup seluruh proses kehidupan manusia.

Seminar Nasional ini menghadirkan Narasumber, selain Ketua Umum PPNI, Harif Fadillah, juga Anggota Bidang Pelayanan DPP PPNI Ns. Achirman, S.Kep., SKM., M.Kep., dan Bendahara Umum DPP PPNI Apri Sunadi.
Menurut Ketua Dewan Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Maluku Harry Lotleli, Seminar ini mempunyai makna mendalam bahwa praktik mandiri keperawatan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomer 38 tahun 2014 tentang keperawatan.

“Praktik mandiri ini perlu disosialisasikan kepada seluruh kalangan perawat di Maluku, dengan harapan dari sosialisasi ini para peserta dapat memahami peran mereka (perawat) sebagai tanggung jawab keperawatan secara mandiri di tengah-tengah masyarakat yang sesuai aturan yang berlaku,” singkat Harry, saat berbincang dengan wartawan. (WHL)

--------------------

Berita Populer

To Top