AMBONESIA

Greeneration Foundation Ajak Generasi Muda Manfaatkan Medsos

RakyatMaluku.com – BEKERJASAMA dengan Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia, Greeneration Foundation melakukan kegiatan lokakarya social media for social good atau ‘SocMed4SocGood’ 2018 di Ambon, Sabtu, 7 Juli 2018.

Sebelumnya, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Dan sampai dengan saat ini sudah ada 15 kota, dan untuk tahun 2018 ini kegiatan tersebut dilaksanakan di 5 Kota, dimana salah satunya adalh Kota Ambon. Hal ini disampaikan Direktur Greeneration Foundation, Saepul Hamdi, di sela-sela kegiatan dimaksud.

Bagi dia, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya, yang diadakan di Kota Ambon tahun lalu. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, baik dari pelajar, mahasiswa maupun dari kelompok anak muda yang tergabung dalam organisasi ataupun komunitas dan lain sebagainya untuk bagaimana mengelola media sosial untuk menyebar isu kebaikan di dunia maya.

“Kegiatan tersebut memiliki dua fokus utama yaitu literasi sosial media dan gerakan sosial. Jadi ada lima kota yang dilaksanakan lokakarya SocMed4SocGood, yakni kota Lombok, Banjarmasin, Bangka Belitung, Medan dan juga kota Ambon,” ujar Saepul Hamdi.

Dia menjelaskan, tujuan kegiatan itu dilaksanakan untuk menggaet segala lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi mengenalkan budaya dan kekayaan yang ada di daerah-daerah lain, untuk bisa memanfaatkan kecanggihan digital sebagai sebuah platform mewujudkan impian tersebut.

Selain itu, juga untuk memberikan informasi serta inspirasi kepada anak muda di kota Ambon dan juga kota lainnya dengan menggunakan sosial media sebagai alat untuk menyebar kebaikan dan isu-isu sosial yang lain. Setiap kota yang menggelar SocMed4SocGood ini memiliki pembahasan yang berbeda-beda, ada yang bertemakan lingkungan, ada pula tentang edukasi.

Untuk kota Ambon sendiri, tema yang diangkat adalah ‘Gunakan media sosialmu untuk gerakan sosial. Mari jadi bagian dari solusi, bukan masalah’. “Ambon menjadi target kami itu karena antusias masyarakat dalam menggunakan media sosial, terutama bagi kalangan muda di Maluku. Di Ambon juga banyak potensi untuk dieksplore lewat media sosial,” kata dia.

Dia mengaku, Greeneration Foundation juga telah memiliki partner lokal, yaitu yaitu green molucast yang sangat baik dalam menjalin kerjasama. Dari hasil workshop, banyak persertanya sudah bisa membuat gerakan baru untuk kota mereka contonya di Maluku, mereka telah membuat sebuah gerakan berbasis lingkungan yang merupakan gabungan dari seluruh komunitas yang ada di Maluku. “Harapan kami, semoga generasi muda yang ada di Ambon bisa memanfaatkan media sosial dengan baik dan dimanfaatkan sebagai media untuk mengeksplor berbagai potensi yang ada,” jelas dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top