GERBANG PENDIDIKAN

Gubernur Janji Dukung Percepatan IAIN Ambon menjadi Universitas

gubernur maluku | murad ismail

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, — Gubernur Provinsi Maluku, Murad Ismail berjanji akan memberikan dukungan penuh, guna mempercepat transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Dukungan Gubernur itu di antaranya, meminta Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin untuk menghadap langsung kepada Sekjen DPP PDI-Perjuangan, Hasto Kristiyanto di Jakarta belum lama ini. Demikian disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail, saat meresmikan Gedung Perpustakaan dan Laboratorium IPA di IAIN Ambon, Sabtu, 25 September 2021.

PERESMIAN, — Gubernur Maluku, Murad Ismail (tengah), melakukan penandatanganan prasasti Peresmian Gedung Perpustakaan dan Gedung Lab IPA IAIN Ambon, didamping Rektor IAIN Ambon Dr. Zainal Abidin Rahawarin (kanan), dan Kepala BPPW Maluku Abdul Halil Kastela (Kiri), Sabtu, 25 September 2021.

Selain memberikan dukungan penuh terhadap upaya transformasi IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri, Gubernur juga bersedia menjadi orang pertama untuk menyumbang anggaran, guna kelancaran pembangunan masjid kampus tersebut. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya orang pertama yang bantu pembangunan Masjid IAIN.” Terkait bantuan untuk pembangunan masjid, Gubernur mengakui, telah disiapkan anggaran khusus untuk membantu pembangunan rumah ibadah di Maluku. Anggaran itu, akan dialokasikan kepada pembangunan IAIN Ambon juga.

Terkait transformasi menjadi UIN, kata Gubernur sesuai penjelasan Rektor, tinggal beberapa langkah. Sebab, persyaratan administrasi telah dipenuhi, termasuk peninjauan lokasi oleh KemenpanRB dan Kemenag RI. “Ini sudah tinggal tahap terakhir. Kemarin, Rektor saya suruh menghadap Hasto, Sekjen DPP PDI-Perjuangan, dan semua akan berjalan lancar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat. Dalam waktu dekat, IAIN Ambon ini akan jadi Universitas Islam Negeri di Maluku. Saya mohon, dukungan dari adik-adik, tolong doakan pemimpin kalian ini, biar bisa kuat, sehat untuk membangun Maluku dan membangun ummat di Maluku,” kata Gubernur mengawali sambutannya pada cara tersebut.

Sebelumnya, menurut Rektor juga, untuk transformasi menjadi universitas, IAIN Ambon telah menyiapkan lakan seluas 61 hektare di wilayah Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kaputen Maluku Tengah. Keberadaan lahan tersebut, akan menjadi konsen pembangunan Universitas Islam Negeri Ambon disamping lahan utama yang dimiliki di Kota Ambon saat ini. (WHL)

--------------------

Berita Populer

To Top