Uncategorized

Hadir Di Maluku, ABS Siapkan Program Film Kearifan Lokal

RakyatMaluku.com – DEWAN Pimpinana Pusat (DPP) Anak Bangsa Sejati (ABS) mulai memperkenalkan dirinya ke daerah-daerah di Indonesia. Provinsi Maluku, menjadi daerah pertama yang dikunjungi DPP ABS. Demikian disampaikan Ketua Harian ABS, Erwin, kepada wartawan, Kamis kemarin.

Menurut Erwin, kehadiran ABS di daerah untuk membangun indonesia yang baik dan kuat, mencerdaskan kehidupan anak bangsa, meningkatkan kesejahteraan anak bangsa, membangun rasa persatuan dan kesatuan dalam mencipatkan potensi pertahanan, dan ikut berperan aktif dalam rangka mencipatakan perdamaian dunia abadi.

“ABS merupakan wadah pemersatu anak bangsa yang mengembangkan aktivitas dan kreativitas yang berdaulat, mandiri, dan sejahtera dalam aktualitasnya,” katanya.

Dalam silaturahminya bersama Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon, lanjut Erwin, DPP ABS telah menyampaikan visi dan misinya serta berbagai program yang salah satunya akan membuat film dokumenter tentang kearifan lokal, dengan tujuan agar anak daerah bisa lebih menjaga adat dan budaya daerahnya serta dapat mempromosikan potensi wisata daerahnya ke manca negara melalui audio visual.

“Kemarin kita sudah bertemu dengan Sekda Maluku Hamin Bin Thahir dan Walikota Ambon yang diwakili Asisten I, Alhamdulillah kita mendapat suport dan pemerintahan menginginkan agar program ini bisa segera secepatnya,” ungkap Erwin.

Program film tersebut namanya Cipta Pesona Budaya Indonesia, yang terdiri dari FTV – Indonesia Movie Culture (IMC), dokumenter profil kabupaten/kota, dokumenter drama anak-anak cinta tanah air, Treller aku bangga menjadi anak Indonesia, dan Workshop seni peran dan sinematografi.

“Program ini dipersembahkan oleh Anak Bangsa Sejati (ABS) yang berkerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota seluruh Indonesia Tahun 2018 – 2019,” terang Erwin.

Dijelaskan, ABS didirikan oleh sejumlah mantan jenderal (purnawirawan) dengan logo hati, yang mempunyai makna cinta kasih, gotong royong, toleransi dan tidak membedakan suku bangsa.

“ABS merupakan milik semua anak bangsa, kita non afiliasi, independen, berdiri sendiri. Tetapi kita mitra sejati pemerintah, siapapun prrsidennya, kita tetap bermitra, karena pemerintah merupakan pemegang kekuasaan untuk rakyat,” jelasnya.

Dalam perjalannya, ABS telah bemitra dengan sejumlah kementerian dan lembaga, yakni Kementerian Pertahanan dalam program bela negara di seluruh Indonesia, serta bekerja sama dengan delapan lembaga pendidikan untuk melatih tenaga ahli konstruksi, lingkungan, mekanika, yang berada dibawah pengawasan Departemen Pekerjaan Umum.

Selain itu, kerjasama juga dibangun dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memberikan pendidikan kepada putra-putri bangsa, dalam sektor tenaga perminyakan. Meskipun DPW ABS belum terbentuk di Maluku, DPP ABS telah meminta kepada calon pengurus DPW Maluku untuk mendata putra-putri Maluku yang duduk di bangku kuliah semester enam untuk mengikuti pelatihan untuk mendapat sertifikasi.

“Ini suatu kebanggaan dan tantangan kepada calon pengurus DPW ABS yang ada di Maluku untuk merangkul dan membesarkan anak daerah yang ada di 11 kabupaten/kota,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Dapertemen Seni & Budaya DPP ABS Didin Rohidin, mengatakan, Program Cipta Pesona Budaya Indonesia yang akan dilakukan di Maluku akan melibatkan semua unsur elemen yang ada, baik itu ASN, TNI/Polri, Petani, Nelayan, Buruh, dan pelajar, untuk menyatakan mereka cinta daerah dan Indonesia.

“Kita berdiri di kaki sendiri, tidak menggunakan anggaran daerah, tetapi menjaring investor untuk bersama-sama bersinergi membuat satu karya, promosi, informasi seluruh potensi yang ada di daerah di seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk menyatukan anak bangsa,” ungkapnya.

Dalam pembuatan film kearifan lokal di Maluku nanti, ABS telah menyiapkan artis cilik asal Maluku, Mawar Lamasano, yang sudah berperan di beberapa film nasional. Diantaranya, film Aladin, Blankon Ajaib, Cinta Di Antar Pergi Pulang, Kuasa Ilahi dan The Teacher.

“Tentunya Mawar akan bermain bersama artis nasional senior juga. Dan untuk penambahan artis lokalnya nanti, ABS akan membuka testing pra akting untuk melihat potensi yang dimiliki untuk ikut bermain film di Maluku,” kata Didin.

Mawar mengatakan, berkarya di industri perfilman Indonesia, sudah dilakoninya sejak berumur lima tahun. Ia berharap, melalui film dengan Program Cipta Pesona Budaya Indonesia, Maluku akan semakin dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan dunia international.

“Sebagai anak Maluku, saya mendukung film dari ABS untuk mengekpose potensi SDM dan SDA ke Internasional, agar semua orang tahu bahwa Maluku memiliki destinasi pariwisata yang unik dan tidak kalah bagus dengan Bali dan Raja Ampat,” pungkas artid asal Seram Selatan itu.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW ABS Maluku Syahril Haulussy. Menurutnya, untuk menyatukan anak bangsa, maka pembentukan ABS di bumi raja-raja nanti akan melibatkan seluruh komunitas dengan latar belakang yang berbeda-beda.

“Perbedaan di Maluku akan menyatu melalui ABS untuk bersama-sama membangun negeri. Dan kita komitmen akan bersatu padu membumikan ABS di Maluku,” janjinyi, didampingi Ketua OKK ABS Maluku Sarbin Kalidupa. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top