BERITA COVID-19

HIPMI Dukung Ambon Capai Target Vaksinasi

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mencapai target vaksinasi bagi warga Lanjut Usia (lansia) mendapat dukungan berbagai pihak, salah satunya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Maluku dan Kota Ambon yang turut menggelar vaksinasi massal di Ambon.

Ketua umum BPP HIPMI, Mardani Maming mengatakan, Kota Ambon menjadi kota ke 15 dimana HIPMI ikut berperan dalam pelaksanaan vaksinasi massal untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Sesuai instruksi Presiden untuk membantu mempercepat herd immunity, maka HIPMI hadir di setiap provinsi bekerjasama untuk dengan pemerintah daerah,” kata Maming, Minggu 14 November 2021.

Menurutnya, selain berupaya untuk membuka investasi di daerah, BPP HIPMI juga peduli dengan upaya pencegahan penyebaran virus melalui vaksinasi massal covid-19, karena disadari pandemi menjadi masa-masa yang sulit bagi pemerintah.

“Saya yakin bahwa pandemi merupakan masa-masa sulit yang dihadapi pemerintah dan Forkopimda, tetapi yakinlah bahwa masa-masa yang sulit itu akan kita lewati bersama,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengapresiasi langkah HIPMI dalam menggelar vaksinasi massal di Kota Ambon. Ini bentuk kepekaan dari HIMPI bagi rakyat dan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan HIPMI, khususnya di Provinsi Maluku dan Kota Ambon,” kata Richard.

Vaksinasi ini merupakan rangkaian yang dilaksanakan sejak pertama kali pada 15 Januari 2021 silam di Kota Ambon. Karena itu adalah program utama dari pemerintah pusat untuk memutus mata rantai penyebaran covid di Indonesia dalam upaya untuk membentuk ketahanan sosial kelompok bagi seluruh rakyat dan masyarakat Indonesia.

Dijelaskan, oleh pemerintah pusat, Kota Ambon ditargetkan 274.194 orang yang harus di vaksinasi. Dimana sampai hari ini telah tervaksinasi untuk dosis I, 225.455 orang atau 82,88 persen, vaksinasi dosis II sudah diikuti 133.836 orang atau 48,80 persen, sedangkan vaksinasi dosis III untuk tenaga medis kurang lebih 1139 orang.

“Dari hasil ini, Kota Ambon menjadi kota yang tingkat vaksinasi tertinggi di Maluku,” ucapnya.

Kata dia, sebetulnya dari target herd immunity untuk Kota Ambon, dengan indikator 70% vaksinasi yang telah dilaksanakan, maka Ambon sudah berada dan melewati ketentuan herd immunity dengan tingkat pencapaian di atas 70 persen.

Namun ada indikator kedua yang harus dipenuhi, yakni capaian vaksinasi lansia harus mencapai minimal 60 persen. Di Kota Ambon sendiri, vaksinasi lansia baru mencapai 57 persen.

“Oleh sebab itu, vaksinasi sebagai upaya untuk meningkatkan secara kuantitatif jumlah vaksinasi lansia, maupun presentasi vaksinasi yang kedua,” tandasnya.

--------------------

Berita Populer

To Top