GERBANG PENDIDIKAN

Ini 11 Siswa Yang Bakal Wakili Maluku Di Ajang KSM Nasional Tahun 2018

RakyatMaluku.com – SELEKSI Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Maluku telah usai. Dari 197 peserta yang diseleksi ,11 peserta diantaranya berhasil keluar sebagai juara satu dari 11 Mata Pelajaran (Mapel) yang dikompetisikan untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).
Tingkat MI, dua siswa Madrasah Ibtidaiyah As-Salam Ambon berhasil unggul atas rivalnya dari kabupaten/kota lain.

Mereka merupakan peserta asal Kota Ambon yang mendapatkan tiket mewakili Maluku untuk tingkatan MI pada ajang KSM tingkat Nasional di Kota Bengkulu 24 September mendatang. Kedua siswa itu yakni, Shofiyah dan Syawa Aulia. Shofiyah adalah juara 1 Matematika dan Syawa Aulia juara 1 mata pelajaran IPA.

Ditingkat MTs, satu siswa MTsN Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) atas nama Miko Maulana berhasil keluar sebagai pemenang kategori mata pelajaran Matematika, untuk Mapel IPA diraih siswa MTs Al-Khairat Ambon, Rahma Dyahnissa.Sementara Mapel IPS berhasil digait siswa MTsN 3 asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Dano Faujan Syaifudin.

Pada jenjang MA, tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ambon dua siwa MAN Maluku Tengah dan satu siswa MAN asal Kabupaten Maluku Tenggara juga berhak melaju ke ajang KSM Tingkat Nasional. Untuk mapel Fisika dimenangkan oleh siswa MAN Ambon atas Wa Rusni, Ekonomi, Hilmia Arif (MAN Ambon) dan Biologi Muh. Rizky Gymnastiar Tuasamu (MAN Ambon).

Sementara dua siswa wakil Kabupaten Maluku Tengah masing-masing Nina Sadaliyah Lestaluhu dan Reno Al Haming berhasil meraih juara satu pada mapel Kimia dan Matematika. Untuk mapel Geografi dimenangkan siswa MAN Kabupaten Maluku Tenggara atas nama Mujadid Fakaubun.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku M. Hanafi Rumatiga mengatakan, seleksi KSM tingkat provinsi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab ditahun ini seleksi dilakukan secara terbuka mulai dari seleksi tingkat madrasah, tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat provinsi.

”Kalau tahun sebelumnya kita tinggal copot dari sekolah tertentu kemudian dikirim ke ajang KSM nasional. Nah, tahun ini berbeda makanya hasilnya menjadi refresentase dari sejumlah madrasah di kabupaten/kota,” ujar Rumatiga, Kamis, 26 Juli.

Rumatiga mengungkapkan, nantinya ada pembinaan khusus yang diberikan untuk mempersiapkan 11 peserta wakil Maluku sebelum berada di Kota Bengkulu 24 September.’Kita masih punya waktu satu bulan lebih. Waktu ini akan kita manfaatkan untuk memberikan pembinaan khusus atau semacam karantina terhadap 11 peserta itu.Nanti, ada guru-guru pembimbing dari madrasah tertentu, termasuk pihak universitas kita undang untuk terlibat bersama-sama dalam melakukan pembinaan apakah itu dari Unpatti atau IAIN Ambon.”ungkap Rumatiga.

Rumatiga menambahkan, mengingat KSM tahun ini semua mapel yang dikompetisikan berintegrasi dengan mapel pendidikan agama Islam maka tidak saja pembimbing dari mapel umum atau sains yang dilibatkan melainkan merekrut guru Pendidikan Agama Islam untuk duduk bersama memecahkan soal-soal perpaduan mapel sains dan mapel agama. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top