Probis

Jelang Ramadhan, Komisi II Tinjau Aktivitas Pasar Mardika

Rakyatmaluku.com – PIMPINAN  dan anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, meninjau aktivitas di Pasar Mardika Kota Ambon. Kunjungan ini dalam rangka memastikan kebutuhan Sembako di Pasar Mardika aman dan terkendali hingga ramadhan. “Kita telah melakukan peninjauan ke pasar Mardika dalam kaitan untuk mengecek secara langsung perkembangan harga Sembako jelang Bulan Ramadhan.

Mungkin karena ini awal, sehingga harga-harga yang ada di pasar Mardika masih relatif normal dan masih bisa terkontrol secara baik.” Demikian disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Jhon Mainake, kepada wartawan di Ruang Komisi II DPRD Kota Ambon, Jumat, 4 Mei 2018.

Dalam melakukan peninjauan, dari stok barangyang adaitu dipastikan masih tetap aman. Akan tetapi, tanggung jawab komisi itu akan terus memantau secara rutin. Sebab, biasanya di moment-moment seperti ini, biasanya ada tindakan spekulatif oleh para pedagang yang bisa berimplikasi terhadap kenaikan harga barang dan juga stok yang berkurang di pasar. “Yang kita takutkan, kalau sampai ini terjadi lalu menimbulkan kepanikan dari kalangan konsumen atau masyarakat. Sehingga terjadi penimbunan barang pada saat menjelang bulan Ramadhan maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri,” kata dia.

Menurut dia, yang paling penting daripada itu adalah komisi akan terus memantau perkembangan pasar jelang Bulan Ramadhan maupun jelang Idul Fitri. Sehingga, jika terjadi gejolak terhadap harga barang, maka komisi juga akan menyampaikannya ke pemerintah Kota (Pemkot). Agar Pemkot bisa melakukan operasi pasar untuk menetralisir kenaikan harga barang yang signifikan.

Kalau memang terjadi perubahan yang sifatnya karena moment dan kebutuhan masyarakat sehingga berpengaruh terhadap kenaikan harga yang tidak signifikan, maka itu suatu hal yang biasa, karena tingkat permintaan konsumen yang makin tinggi. Dikatakan, kunjungan yang dilakukan komisi di pasar Mardika itu juga melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon. Disperindag berencana membentuk tim terpadu untuk melakukan monitor setiap hari terhadap kegiatan pasar.

“Tim terpadu itu melibatkan Disperindag Provinsi dan Kota, termasuk didalamnya juga dari Bulog. Setelah tim terpadu itu terbentuk, kita berharap bisa menjaga kondisi pasar secara baik, agar masyarakat atau konsumen juga tidak merasa terganggu ketika menjalankan aktivitas di bulan Puasa hingga perayaan Hari Raya kemenangan bagi umat muslim,” kata dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top