Uncategorized

John Pieris Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Di Teluti

John Pieris

RakyatMaluku.com – ANGGOTA Dewan Perwakilan Daerah (DPD) John Pieris kembali menggelar sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Laha Kaba Kecamatan Teluti, Kabupaten Maluku Tengah.

John dalam sambutannya memaparkan sosialisasi ini dilakukan untuk merefleksikan semangat kebangsaan untuk semua. Sosialisasi Ini juga kewajiban sebagai Anggota DPD RI sesuai UU No 17 tahun 2014. Setiap anggota DPD RI diminta memasyarakatkan pemahaman nilai kebangsaan yang sudah mulai luntur.

Dikatakan, ada tiga hal penting dalam setiap sosialisasi empat pilar kebangsaan. Diantaranya, karena semangat kebangsaan yang sudah mulai luntur. Karena pengaruh budaya luar serta mulai memudarnya persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

Terlebih, adanya fenomena kerentanan konflik yang sering terjadi. Selain itu, terdapat ancaman yang datang dari luar negeri, Indonesia menghadapi tantangan arus globalisasi yang berjalan secara terus menerus dan tak bisa dibendung. Nilai-nilai dari luar, yang tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai ke Indonesiaan, menerobos dan bersentuhan dengan masyarakat tanpa bisa difilterisasi.

Dari dalam negeri juga muncul pendangkalan pemahaman nilai-nilai agama, sehingga melahirkan radikalisme. Pada saat yang sama terjadi kesenjangan ekonomi dan pengangguran. Kondisi itu mengakibatkan. kecemburuan, sehingga masyarakat mudah dihasut untuk melakukan tindakan anarkisme.

“Ini yang harus disikapi. Karena setiap hari, hampir terlihat adanya konflik dan pertentangan dimana-mana. Itu karena lunturnya wawasan kebangsaan kita,” ujar John Piris. Adapun empat pilar kebangsaan itu terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, yang harus disosialisasikan kepada masyarakat.

Empat pilar kebangsaan ini merupakan perekat masyarakat Indonesia yang heterogen, sehingga melahirkan toleransi yang kuat dan terus terjaga.

Hadir pada sosialisasi ini, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan dan ratusan masyarakat desa-desa tetangga.

Raja Negeri Laha Kaba Mohammad Nur Lapelelo dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi sangat baik dilakukan di desanya, itu untuk memberikan pemahaman tentang fungsi empat pilar kebangsaan.
Diharapkan dapat membuka ruang untuk percepatan pembangunan dan ekonomi di wilayahnya. (ARI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top