BERITA COVID-19

Jokowi Umumkan PPKM Level 4 26 Juli hingga 2 Agustus

RAKYATMALUKU.COM – JAKARTA, — Presiden RI, Joko Widodo, mengumumkan kembali memberlakukan penerapan PPKM ke level 4 sejak tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Hal ini diumumkan Jokowi yang disiarkan langsung via chanel youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 25 Juli 2021.

Jokowi menjelaskan, pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan selama 23 hari terakhir telah membawa hasil yang baik. Di mana, telah terjadi tren perbaikan dalam pengendalian pandemi Covid 19. Laju penerapan kasus mulai menunjukkan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa. Namun demikian, semua pihak harus tetap berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan ini.

“Tetap harus selalu waspada menghadapi varian delta yang sangat menular. Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama. Aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, juga harus diprioritaskan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan aspek ekonomi dan dinamika sosial,” kata Jokowi.

Atas dasar itu, PPKM kembali dilanjutkan ke level 4. “Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati.”

Sebut Jokowi, pasar rakyat yang menjual Sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat, dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari, bisa buka dengan kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul 15.00. Di mana, pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh Pemda setempat.

Sebaliknya dengan kebijakan lain, yang juga menurut Jokowi, menjadi pertimbangan pemerintah daerah masing-masing, sesuai kondisi wabahnya. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top