HUKRIM

Kajari Pastikan Usut Tuntas Dugaan Korupsi DD-ADD Tala

RakyatMaluku.com – KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Piru memastikan akan mengusut tuntas kasus dugaan korupsi dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) Tala, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), tahun 2015-2016, yang dilaporkan langsung oleh warga setempat.

“Kami janji akan mengusut tuntas kasus itu,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Piru, Jino Talakua, saat dikonfirmasi koran ini, tadi malam.

Dijelaskan, hingga saat ini pihaknya masih harus menunggu hasil audit perhitungan kerugian keuangan negara dari Tim Auditor Inspektorat Kabupaten SBB untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

“Pokoknya setelah kami menerima hasil audit dari Inspektorat, maka sejumlah pihak terkait termasuk perangkat Desa Tala akan kami panggil untuk diperiksa,” jelas Talakua.

Untuk diketahui, dari laporan warga melalui Komunitas Peduli Desa Tala ke Kejari Piru, Kepala Desa Tala Margaretha Maspaitela diduga menyalahgunkan DD – ADD tahun anggaran 2015-2016 sebesar Rp 500 milliar yang diperuntukan bagi pembangunan jalan.

Dengan rincian, DD – ADD tahun 2015 senilai Rp 771 juta dan DD – ADD tahun 2016 senilai Rp 71 juta. Tak hanya itu, kepala desa pun tak pernah transparan atas penggunaan anggaran tersebut. Dari laporan warga itu, Kasi intel Kejari Piru telah melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang untuk Puldata dan Pulbaket. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top