HUKRIM

Kapolda Maluku Minta Masyarakat Kawal Pilkada

RakyatMaluku.com – TAHAP demi tahap proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan wakil Gubernur Maluku sudah berlangsung lama. Dan sampai tanggal 23 Juni kampanye akbar tiga pasangan calon, yaitu Said Assagaff-Andreas Rentanubun (SANTUN), Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) serta Herman Koedoboen-Abdullah Vanath (HEBAT) akan berlangsung di Stadiun Remaja Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, berlangsung.

dalam mengamankan pesta lima tahunan ini, Polda Maluku mengerahkan personilnya guna mengawal setiap tahapan pelaksanaan Pilkada yang sementara berjalan, termasuk pemilihan Walikota-Walikota Tual dan Bupati-Wakil Bupati Maluku Tenggara, yang dilangsungkan pada tanggal 27 Juni pekan depan.

Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budi Revianto melalui Kabid Humas Polda Maluku,Kombes Pol Muhamad Roem Ohirat menjelaskan, empat hari pasca Idul Fitri dan seminggu jelang pemungutan suara Pilkada Maluku, kondisi keamanan di Maluku secara umum masih relatif aman dan kondusif.

“Pak Kapolda dalam arahannya meminta seluruh personil pengamanan yang ada di Polres jajaran untuk perkuatan pengamanan di setiap tempat keramaian, maupun tempat lainnya seperti tempat rekreasi termasuk patroli rumah kosong yang ditinggal mudik dan sebagainya. Selain Polri dan TNI, saya harap masyarakat juga bisa menjaga dan mengawal Pilkada agar berjalan aman dan damai, “ katanya kepada wartawan, Selasa, 19 Juni.

Disampaikan, pengamanan Pilkada di Maluku, Polda Maluku juga telah mempersiapkan personil untuk mengawal beberapa agenda Pilkada di Maluku seperti, pengamanan debat publik tiga pasangan calon Gubernur pada, Rabu, 20 Juni malam, juga paslon Wali Kota dan Wakil Walikota Tual, yang telah dilangsungkan pada, Senin, 18 Juni.

“Polda Maluku bersama TNI dan stakeholder lainnya telah mempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka pengamanan kegiatan dimaksud. Kiranya adanya kerja sama yang baik dari masyarakat Maluku dalam membantu TNI/Polri yang ada di Maluku, dalam mengawal setiap tahapan Pilkada di Maluku, sehingga tetap terwujud Kamtibmas aman kondusif di Maluku yang kita cintai bersama. Jang biking rusak katong pung hubungan saudara cuma tagal katong beda pilihan,” ucapnya.

Selain itu, Polda juga mengerahkan sebanyak 600 personil untuk membantu personil Polres jajarannya. Hal ini dilakukan agar Pilkada dapat berjalan aman, lancar tanpa ada gangguan. Sehingga Pilkada nanti bisa melahirkan pemimpin yang betul-betul merangkul semua masyarakat di Maluku.

“Sebagai personil Polri yang diberi kehormatan untuk melaksanakan tugas di masing-masing Polres yang sudah ditentukan,yang pertama rekan-rekan harus sehat, baik itu sehat secara pikiran,fisik. Kedua, mengenali tugas yang diamantkan kepada rekan-rekan, dalam rangka pengamanan Operasi Maltap Praja Siwealima tahun 2018.Rekan-rekan juga harus menyadari berbagai perkiraan ancaman dalam keadaan biasa dan luar biasa (rencana kontigensi),sehingga pada akhirnya rekan-rekan siap bertugas,siap melakukan pengamanan,” tegas Kapolda. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top