KOTA AMBON

Kebakaran di Arbes Timbulkan Kerugian Ratusan Juta

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, — Kebakaran di kawasan Air Besar (Arbes) RT 004/RW 017, Desa Batumerah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon menyebabkan kerugian hingga ratusan juta. Dua unit rumah hangas, yang terkait dengan satu unit kios, satu unit butik, dan kos-kosan.

Kebakaran Sabtu, 20 November 2021 sekira Pukul 13.30 WIT, disebabkan adanya arus pendek yang terjadi di kediaman Daeng Sanusi. Api menjelar dengan cepat, sehingga pemilik rumah hanya bisa menyelamatkan diri mereka, dan keperluan pentingnya lainnya. Sementara rumah dan isinya, ludes dilahap jago merah. Beruntung, kebakaran ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Sesuai laporan yang diterima rakyatmaluku.com dari Kapolsek Sirimau, AKP Mustafa Kamal, dijelaskan, sumber api pertama kali dilihat oleh Adila Nisa Ardani (8). Anak Daeng Sanusi. Saat itu, Adila sedang bermain di halaman Puskesmas. Ketika melihat asap api mengempul di atap rumah, Adila lau menyampaikan hal ini kepada Kakaknya, Hasan. Kemudian dilanjutkan kepada ibu yang berada di dalam rumah, dan sama-sama meninggalkan rumah.

Pengakuan Daeng Sanusi (54), kebakaran rumahnya diketahui, ketika mendengar anak-anaknya berteriak. Saat itu, dirinya sedang tidur di kamar. Ketika keluar rumah, ia melihat api menjalar lewat kabel listrik. Melihat kejadian ini, ia bersama warga setempat berusaha untuk menghentikan sumber api. Namun, usaha mereka tidak membuahkan hasil.

Sementara saksi lainnya, Rais (30) sementara berada di dalam rumah. Ia mendengar warga berteriak ada kebakaran, dan langsung bergegas keluar rumah. Melihat api yang sudah membesar, ia lalu meminta tolong kepada warga untuk sama-sama menyelamatkan keluarganya, serta berusaha memadamkan api. Sayangnya, usaha tidak membuahkan hasil. Api terus membesar.

Sekira pukul 13.40 WIT, Kapolsek Sirimau bersama SPKT Polsek Sirimau tiba di lokasi dan melakukan pengaman di lokasi. Selang 5 menit kemudian, lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di TKP dan bersama warga setempat berusaha memadamkan kobaran api. Api berhasil dipadamkan pukul 15.15 WIT.

Menurut Kapolsek, lokasi kebakaran telah diamankan. Dari proses pengamanan lokasi, diketahui kebakaran menyebabkan dua unit rumah milik Daeng Sanusi dan Ibu Wa Umi hangus terbakar. Di antaranya, satu unit kios, satu unit butik, dan satu unit koskosan. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp450 juta lebih. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top