GERBANG PENDIDIKAN

Kejar Akreditasi, SDN 94 Ambon Terus Benahi Diri

RakyatMaluku.com – SD Negeri 94 Ambon terus melakukan pembenahan. Hal ini gencar dilakukan untuk mengejar point penilaian akreditasi pada Oktober mendatang. Walaupun sekolah ini belum lama beroperasi, namun pihak sekolah bertekad untuk menjadikan SD Negeri 94 ini setara dengan sekolah lain yang berada di pusat kota Ambon.

Kepala SDN 94 Ambon, Agustina P. Siahaya, S.Pd kepada wartawan mengatakan, dari segi proses pembelajaran, SD Negeri 94 menggunakan K-13. K-13 ini diberlakukan untuk seluruh siswa kelas 1 hingga kelas 6. Dalam setiap materi yang diajarkan harus tuntas, sehingga siswa tidak lagi dibebankan dengan mengerjakan pekerjaan rumah tetapi lebih fokus dengan tugas yang harus diselesaikan di sekolah.

Untuk pelajaran Bahasa Inggris dalam K-13 hanya diperuntukkan bagi siswa kelas 4 hingga kelas 6. “Walaupun demikian kami tetap memberikan pengenalan pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa kelas 1 hingga kelas 3. Dengan dasar pemikiran, jika siswa naik ke kelas 4 mereka tidak kaku dengan pelajaran Bahasa Inggris karena telah diperkenalkan sejak kelas 1,” ujar Agustina, kemarin.

Dari segi sarana dan prasarana, kata dia, SDN 94 Ambon telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai, mulai dari ruangan kelas, ruang guru, perpustakaan, kantin, bahkan toilet untuk guru, toilet untuk siswa putra, toilet untuk siswa putri dan juga toilet untuk tamu, lapangan upacara serta taman hijau.

“Kenyamanan dan keasrian lingkungan sekolah juga menjadi catatan penting bagi SD Negeri 94 Ambon. Kami membuat taman yang asri dengan harapan siswa dapat menikmati saat istirahat dengan lingkungan hijau. Tujuan kami menjadikan sekolah ini sebagai Green School,” ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan terobosan lain dengan memberikan sertifikat dan rompi bagi siswa yang masuk peringkat lima besar di kelas masing-masing saat kenaikan kelas kemarin. Ini baru pertama kali dilakukan di SD Negeri 94 Ambon. Dan akan terus dilakukan untuk memacu giat belajar siswa.

Prestasi lain yang diraih sekolah ini juga patut dipertimbangkan. Tahun ini, ada lima siswa yang mengikuti lomba Sains, dimana tiga diantaranya yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Unpatti dan masuk final. Sementara dua siswa lainnya mengikuti olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kota masuk final dan mendapat juara 2. “Kami akan terus mengembangkan minat serta potensi siswa dalam mata pelajaran yang disukai.”

Sekolah yang beralamat di Kayu Tiga RT 04/RW 09 Negeri Soya Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ini beroperasi pada tahun 2006 dibawah kepemimpinan Ny. Leonora Sitaniapessy, S.Pd. M.Pd yang kini telah pensiun dan digantikan oleh Ny. Agustina Siahaya, S.Pd. Sementera guru yang mengajar berjumlah 13 orang guru terdiri dari Kepala Sekolah, tujuh guru berstatus PNS, dan empat tenaga honor dan 1 guru titipan. (R1)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top