GERBANG PENDIDIKAN

Kembangkan Potensi Siswa SMAN 1 SBT Lewat MPLS

Kegiatan MPLS di SMA Negeri 1 Seram Bagian Timur.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

RAKYATMALUKU.COM – BULA, – Pengembangan potensi peserta didik sesuai tujuan pendidikan nasional dapat diwujudkan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Untuk mengantarkan siswa menuju arah itu, maka direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan masa orientasi untuk siswa baru yang disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Hal ini diungkapkan wakil kepala sekolah SMA Negeri 1 Seram Bagian Timur, Rosida Sopamena dalam sambutannya saat membacakan laporan panitia pada acara pembukaan MPLS SMA Negeri 1 Seram Bagian Timur tahun pelajaran 2021/2022 yang digelar pada Rabu, 15 Juli 2021.

Dikatakan, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan membantu peserta didik baru untuk mengenali kekhususan sekolah baik berupa lingkungan sosial maupun cara belajar yang baru termasuk norma-norma yang berlaku di sekolah.

“MPLS bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolah yang baru. Ini yang kami lakukan setiap memasuki mata pelajaran baru bagi peserta didik baru di SMA Negeri 1 SBT,”ujar Rosida dalam laporannya.

Wakasek bidang kurikulum ini mengatakan, secara khusus kegiatan MPLS bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

“Antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, sarana dan prasarana sekolah,”katanya.

Selain itu, MPLS diharapkan dapat membantu menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lain. Menumbuhkan perilaku positif siswa, antara lain, kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat. Untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong.

“Membangun pendidikan karakter melalui proses MPLS dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, serta peduli lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat,”harap dia dalam sambutannya.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada SMA Negeri 1 Seram Bagian Timur diikuti sebanyak 252 siswa yang merupakan peserta didik baru. Kegiatan itu dilaksanakan selama 2 hari itu terhitung dari Rabu 14 Juli hingga tutup pada Kamis 15 Juli 2021.

Hadir pada acara pembukaan kepala sekolah SMA Negeri 1 SBT, Muhammad Rumodar dan perwakilan dinas pendidikan kebudayaan Provinsi Maluku cabang Seram Bagian Timur. (*)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top