BERITA COVID-19

Lansia dan Warga Sipil Bisa Terima Vaksin Gratis

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Kepala dinas kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan meskipun vaksin massal di lapangan Merdeka telah ditutup, tetapi vaksin gratis masih tetap dilakukan terhadap warga sipil prioritas penerima vaksin, termasuk lanjut usia (Lansia).

Kata Wendi, terhadap warga sipil prioritas vaksin dan lansia masih berlaku vaksinasi gratis. Hal itu dilakukan demi memproteksi diri terhadap bahaya penyebaran virus corona atau Covid-19, dan sekaligus memutus mata rantai Covid-19.

“Untuk prioritas yaitu lansia dan masyarakat umum masih tetap mendapat vaksin gratis, selama kita masih mendapat suplai vaksin,” ujar Wendy.

Warga sipil dan Lansia dibolehkan menjalani vaksin pada Puskesmas yang ada di wilayah masing-masing. Kata dia, ada edaran baru bahwa yang dikatagorikan lansia dalam program ini yakni yang usianya mulai dari 50 tahun ke atas dan mereka itulah yang bisa menerima vaksin gratis.

Dikatakan, vaksin gratis juga berlaku bagi orang sakit jiwa dan pernah menggunakan narkoba sejenis alkohol, psikotropika, dan zat adiktif. “Mereka ini juga bisa menerima vaksin secara gratis,” jelasnya.

Kata Wendy, vaksinasi gratis tidak berlaku bagi pelaku usaha dan juga para karyawan perusahaan swasta. Jadi kalau ada karyawan di perusahaan atau instansi swasta yang ingin divaksin, maka diwajibkan mendaftarkan diri dan membayar.

“Vaksinasi untuk karyawan perusahaan swasta ini tidak dilakukan oleh Dinas Kesehatan, tapi dari KADIN yang akan menunjuk rumah sakit swasta untuk vaksin gotong-royong,” tandasnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top