BERITA COVID-19

Latupono Ingatkan Waspada Gelombang Ketiga Covid-19

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diingatkan untuk mewaspadai potensi terjadi gelombang ketiga penularan virus corona atau Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Ambon.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengatakan, hal itu telah disinggung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat berkunjung di Maluku baru-baru ini.

Bukan hanya Pemkot, mayarakat maupun pihak terkait lainnya juga diharapkan bisa mengantisipasi hal tersebut, karena diprediksikan penularan Covid-19 gelombang ketiga akan terjadi diakhir Tahun ini.

“Para ahli memprediksi ancaman gelombang ketiga Covid-19 di Tanah Air bisa terjadi pada akhir tahun. Jadi baik Pemkot, masyarakat maupun pihak terkait lainnya harus waspada sejak dini,” kata Latupono, Rabu, 13 Oktober 2021.

Sebagaimana perkembangan di media, bahwa pada Desember ada dua momen besar yang berpotensi memicu kenaikan kasus Covid-19, yakni Natal dan Tahun Baru.

Dua momentum itu yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19 di Indonesia. Nah, potensi gelombang ketiga itu harus diantisipasi dan dicegah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat serta vaksinasi.

“Jadi, target vaksinasi itu harus cepat dicapai. Sebab, itu juga merupakan kunci pencegahan dan mitigasi penularan virus Corona,” jelasnya.

Menurutnya, target vaksinasi sebanyak 70 persen dari total penduduk Kota Ambon harus dapat dicapai sebelum masuk pada bulan Desember mendatang, agar kekebalan kelompok atau herd immunity bisa terbentuk sebelum masuk pada dua momentum itu.

“Selain itu, pola tracing, testing, dan treatment atau yang disebut 3T dalam penanganan pandemi Covid juga penting dilakukan secara masif,” jelas ya.

Menurutnya, jika upaya itu dilakukan, DPRD optimistis prediksi gelombang ketiga kasus Covid-19 pada Desember mendatang tidak akan terjadi di Ambon.

“Gelombang ketiga penyebaran Covid tidak akan terjadi di Ambon, jika terget vaksinasi bisa di capai dan pola 3T itu berjalan secara intens,” tandasnya.

--------------------

Berita Populer

To Top