AMBONESIA

Mendiknas Ingatkan Pemda Fokus Pada Persoalan Pendidikan

Rakyatmaluku.com – MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendiknas) RI, Muhadjir Effendy, mengingatkan kepada pemerintah di tingkat daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar lebih fokus pada penanganan persoalan pendidikan. Pemerintah dan semua pihak, harusnya kembali memikirkan sejenak tentang kondisi pendidikan, yang kian hari mengalami keterpurukan, terutama di daerah, seperti di Maluku.

Pesan Mendiknas ini dibacakan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Saleh Thio, saat memimpin jalannya Upacara Hardiknas, 2 Mei 2018, di Kantor Diknas Provinsi Maluku, Kota Ambon.

Menurut Muhadjir, peringatan Hardiknas 2018 dengan tema, “menguatkan pendidikan dan me­majukan kebudayaan”, guna mengingatkan kembali masyarakat pada umumnya, dan pemerintah pada khu­susnya, tentang pentingnya mem­bangun pendidikan yang selaras dengan kebudayaan. Apalagi, In­donesia sebagai bangsa yang besar dengan kebudayaan, maka tidak boleh melupakan pembangu­nan yang bernuansa kepada kebudayaan tersebut.

Tentu, tema ini juga sekaligus menjadi bagian dari protek untuk refleksi terhadap usaha dan upaya perjuangan di dunia pendidikan selama ini di Indonesia. “Kita perluh renungkan sejenak untuk lihat apa yang sudah kita lakukan di bidang pendidikan dan melangkah guna capai cita-cita pendidikan nasional yang didambakan,” pesan dia.

Bagi Mendikbud, kebudayaan merupakan akar dari pendidikan nasional yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945. Karena kebudayaan yang maju akan menjadikan pendidikan Indonesia kuat. “Mari satukan tekad untuk kuatkan pendidikan dengan majukan kebudayaa.”

Pasalnya, Indonesia di mata dunia adalah negara adidaya kebudayaan. Dengan demikian, semua pihak harus berusaha menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara kaya akan budaya, baca Kadis Pendidikan Maluku.

Usai upacara, kepada wartawan Kadis menjelaskan, peringatan Hardiknas ini patut direnungkan kembali, untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah dikerjakan di bidang pendidikan, yang kemudian bergegas melangkah ke depan, guna mencapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan, singkat Kadis. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top