KABUPATEN SBT

Pasar Rakyat Gumumae dan Terminal Bula Resmi Beroperasi

Kurang lebih sepuluh tahun terkatung-katung, keberadaan gedung pasar rakyat dan terminal Bula yang dibangun semasa pemerintahan Abdullah Vanath-Siti Umuriah Suruwaky resmi beroperasi Minggu, 6 Juni 2021.

Peresmian pasar rakyat dan terminal Bula ini dilakukan di masa pemerintahan Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur. Peresmian gedung pasar rakyat Bula ini menjadi bagian dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati, Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur.

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya mengatakan, pembangunan terminal dan pasar Gumumae yang berlokasi di kawasan Waigondal, Pantai Roleks Kota Bula itu sebagai upaya untuk mempercepat perputaran ekonomi di Kabupaten Seram Bagian Timur khususnya Kota Bula.

“Saya sangat yakin keberadaan pasar dan terminal ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur,” ujar Keliobas dalam sambutannya.

Meski beberapa sarana pendukung kedua bangunan itu masih mengalami sedikit kekurangan namun, Keliobas berjanji akan dibenahi di tahun mendatang. Oleh karena itu, dalam sambutannya orang nomor satu di daerah itu langsung meminta instansi teknis memanggil konsultan perencanaan untuk menghitung beberapa bagian prasarana pendukung bangunan pasar dan terminal yang membutuhkan pendanaan untuk masuk dalam perencanaan tahun anggaran 2022 mendatang.

“Segera undang konsultan untuk mengukur, habis ini terminal harus dilihat secara baik bila perlu tahun 2022 ini sudah bisa diaspal atau di beton sambil dimanfaatkan secara baik oleh pedagang yang ada disini,” katanya.

Bupati SBT dua periode itu berharap, dengan keberadaan pasar dan terminal Gumumae Kota Bula itu dapat menjawab stabilas ekonomi di Kabupaten bertajuk ‘Ita Wotu Nusa’ itu.

“Saya yakin dengan adanya terminal dan pasar ini nantinya akan tumbuh pengusaha-pengusaha perdagangan dan pengusaha-pengusaha transportasi yang menjadi bagian utama penggrak perekonomian SBT” kata Keliobas.

Dia juga mengajak masyarakat, pedagang pasar dan pengusaha transportasi di daerah itu untuk terus mendukung penuh upaya pemerintah untuk menata berbagai infrastruktur kebutuhan dasar. Oleh karena itu, Ia menghimbau semua pihak tetap memelihara keberadaan pasar dan terminal itu dengan baik terutama menjaga sarana dan prasarana yang dimiliki saat ini. Menurutnya, bangunan pasar dan terminal adalah sumber kehidupan banyak orang di kabupaten penghasil minyak bumi itu.

“Mari kita jaga terminal dan pasar ini dengan baik, inilah sumber kehidupan kita dan banyak orang dalam kabupaten ini” imbaunya. (*)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top