BERITA COVID-19

Pemakam Jenazah Covid-19 Belum Dibayar, DPRD Minta Penjelasan Plt Dinkes Maluku

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mengatakan, DPRD akan memanggil Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Zulkarnain.

Kata Melkianus, pemanggilan itu berkaitan dengan belum dibayarnya insentif puluhan relawan sosial yang tergabung dalam tim pemakaman jenazah Covid-19.

“Informasinya ada empat bulan yang belum dibayar, terhitung Juli hingga Oktober 2021,” kata Sairdekut, Rabu, 13 Oktober 2021.

Puluhan relawan yang diduga belum menerima hak-hak mereka itu terdiri dari 10 orang anggota Palang Merah Indonesia (PMI) dan 20 orang anggota Tagana.

Menurutnya, itu bukan jumlah yang tidak sedikit. Apa lagi, tugasnya sangat berat dan beresiko sebagai tenaga pemakaman jenazah Covid-19, tentu harus mendapat perhatian serius.

Insentif adalah hak yang harus dibayar pemerintah, karena tanpa mereka tidak mungkin tim medis kesehatan, bisa melakukan tugas mulia seperti yang dilakukan tim dalam pemakaman jenazah Covid, karena apa yang dikerjakan dengan penuh resiko.

Bahkan bisa dikatakan membahayakan diri sendiri jika tertular virus mematikan itu. Dia meminta puluhan relawan itu bisa bersabar.

“Kita akan perjuangkan hak mereka dengan melakukan koordinasi dengan Dinkes dan mendorong pemerintah segera membayar hak-hak mereka,” tandasnya.

--------------------

Berita Populer

To Top