BERITA COVID-19

Pemkot Ambon Bakal Gelar Rakor Antisipasi Lonjakan Kasus Covid di Nataru

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Pemerintah melalui lintas kementerian/lembaga bersama Satgas Penanganan Covid-19 terus mengantisipasi Potensi kenaikan kasus.

Pasalnya, momen libur panjang kerap dimanfaatkan masyarakat dengan bepergian ke luar rumah dan mengunjungi sanak saudara dan kerabat. Kegiatan ini seringkali mengurangi kedisiplinan protokol kesehatan.

Maka tidak heran jika kemampuan Covid-19 untuk menyebar ke lebih banyak orang dalam waktu yang bersamaan dapat terjadi. Penularan seperti ini mengakibatkan kenaikan kasus signifikan dan penambahannya bersifat berlipat ganda atau eksponensial

Dimana pola demikian tergambar pada angka reproduction number suatu penyakit yang berada di atas 1. Sebagaimana dijelaskan Satgas Covid-19 nasional, bahwa semakin tinggi reproduction number suatu penyakit maka akan semakin besar peluang jumlah kasus positif terus meningkat begitu juga sebaliknya.

Mengantisipasinya, maka perlu ada upaya Pemerintah dalam mengambil langkah dini agar tidak terjadi lonjakan kasus pada hari Nataru mendatang. Tak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang juga harus menyiapkan strategi untuk mengantisipasi gelombang ketiga lonjakan kasus Covid yang diperkirakan akan terjadi diakhir Desember mendatang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Ambon, Joy Adriaansz mengtakan Pemkot berinisiatif menerapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 di akhir Desember. Namun, sebelum itu, akan dilakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

Kata Joy, terkait dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level III, Pemkot bersama Satgas dan juga Dinkes Kota Ambon akan menyesuaikan dengan aturan yang telah dikeluarkan oleh Satgas nasional.

“Tentunya dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat koordinasi untuk mempersiapkan penerapan level III PPKM di kota Ambon sesuai dengan arahan Satgas Nasional dalam rangka Nataru,” ujar Joy kepada wartawan, Senin 22 November 2021.

Selain itu, strategi dalam mengantisipasi potensi peningkatan kasus Covid-19 di akhir Desember juga ialah bagaimana mempercepat pelaksanaan vaksinasi sesuai target yang ditentukan untuk pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Dia menyampaikan, Jumat pekan kemarin, sudah dilakukan rapat evaluasi bersama Satgas Provinsi Maluku. Dalam rapat tersebut juga sudah dilaporkan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh satgas Kota Ambon dalam rangka mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

“Kami juga dimintai untuk menympaikan kiat-kiat story yang telah dilakukan dalam rangka percepatan vaksinasi di Ambon, dan itu sudah kami sampaikan,” jelasnya.

Langkah berikutnya yang akan dilakukan Satgas adalah update data. Karena secara nasional, ternyata ada beberapa data tambahan yang harus di update, seperti data yang belum lengkapi dengan alamat sesuai Desa, Negeri dan Kelurahan.

“Nah, ini yang sementara disesuaikan oleh Dinkes dan diharapkan minggu ini sudah tuntas,” tandasnya.

--------------------

Berita Populer

To Top