AMBONESIA

Pemkot Ambon Belum Usulkan Ranperda Ke BPP

RakyatMaluku.com – MASUK masa sidang kedua tahun anggaran 2018, hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon belum juga memasukan usulan rancangan peraturan daerah (Ranperda) untuk di bahas dan di tetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).

Ketua Badan Pembuat Perda (BPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Jhony Wattimena yang dikonfirmasi wartawan melalui telepon seluler, Selasa 19 Juni 2018 kemarin mengaku, usulan ranperda yang akan disampaikan pihak eksekutif sesuai rencana baru akan dimasukan usai libur lebaran.

“Untuk usulan ranperda dari pemkot belum masuk ke kita. Namun berdasarkan hasil koordinasi usulan ranperda itu baru masuk ke kita usai libur lebaran,” ungkap Watimena.

Kata Jhony, usulan ranperda harus dimasukan secepatnya ke DPRD agar bisa ditindaklanjuti. Sebab, saat ini sudah masuk pertengahan masa sidang II.

“Mungkin Pemkot belum dapat masukan usulan ranperda ini lantaran masih dalam masa libur dan cuti bersama. Selain itu juga karena masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih mempersiapkan draf legal dan naskah akademiknya,” kata dia.

Sebelumnya, Pemkot Ambon memastikan akan menyampaikan usulan ranperda baru ke DPRD pada masa sidang II di tahun ini. Usulan pemkot belum bisa dimasukan dalam masa sidang I lantaran setiap OPD masih mempersiapkan legal draf dan naskah akademiknya.

Selain itu anggaran pembentukan legal draf dan naskah akademik juga baru diusulkan setiap OPD pada triwulan II dan III. Pihaknya akan terus mendorong agar masing-masing OPD secepatnya memasukan kelengkapan administrasi dan bisa diserahkan ke DPRD agar di masa sidang II nanti minimal ada yang sudah bisa ditetapkan menjadi perda. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top