BERITA COVID-19

Pemkot Lakukan Vaksinasi Door To Door Bagi Lansia

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus berupaya mengejar target capaian vaksinasi massal Covid-19 bagi lansia diatas 60 tahun melalui vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door).

Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan, ada 24.613 lansia target vaksinasi di Kota Ambon. Per 7 November 2021, vaksinasi lansia untuk dosis pertama sudah mencapai 13.836 orang atau 56,2 persen, sementara untuk dosis kedua baru mencapai 10.546 orang atau 42,8 persen.

Vaksinasi door to door yang merupakan strategi jemput bola untuk dapat mencapai minimal 60 persen capaian vaksinasi Lansia. “Vaksinasi door to door akan dilaksanakan oleh Puskesmas, dibantu Satgas covid-19 tingkat Desa/Negeri dan kelurahan,” kata Joy.

Dia menyebutkan, upaya ini memerlukan dukungan data yang akurat, by name-by adress, sehingga mempermudah petugas vaksinasi dan Satgas Covid-19 tingkat Desa/Negeri dan Kelurahan dalam pelaksanaannya.

“Vaksinasi door to door memerlukan data terakhir lansia yang sudah vaksinasi, sehingga bisa mengarahkan mana saja lansia yang belum vaksinasi,” terangnya.

Dikatakan, saat ini tengah dilakukan distribusi data vaksinasi dari Dinkes ke puskesmas- puskesmas di wilayah Kota Ambon. Setelah data ini rampung, secara intens akan dilakukan vaksinasi door to door oleh Puskesmas.

“Jadi untuk sementara vaksinasi lansia masih dilakukan berdasarkan data yang telah tercover saja ” imbuhnya.

Guna memantapkan upaya peningkatan capaian vaksinasi lansia melalui strategi vaksinasi door to door, Satgas Covid-19 Kota Ambon akan melaksanakan rapat teknis dengan seluruh Raja/Kades dan Lurah.

“Secara keseluruhan capaian vaksinasi dosis 1 di Ambon telah mencapai 80,62 persen atau 221.047 orang dan dosis 2 mencapai 47,6 persen atau 130.531 orang dari total target 274.194,” jelasnya.

--------------------

Berita Populer

To Top