KABUPATEN MBD

Pengurus P3WL Ambon Resmi Dilantik

| Correia: Kami akan Perjuangkan Hak Masyarakat Wetar

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Perhimpunan Pemuda Pelajar Wetar dan Lirang (P3WL) Ambon rermi memiliki kepengurusan baru periode 2021-2023 setelah pelantikannya digelar Sabtu, 10 April 2021 di lantai 5 Kantor DPRD Provinsi Maluku di bawah soroten tema, Mewujudkan Organisasi yang Progresif serta Bertanggungjawab terhadap Pulau Wetar.

Pembina P3WL Ambon, Jonathan Madiuw setelah melantik kepengurusan baru mengharapkan agar ada terobosan baru yang digagas dalam rapat kerja yang dirangkai bersama acara pelantikan itu demi kepentingan masyarakat dan Pulau Wetar, bahkan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Ia menyinggung kegiatan P3WL Anbon pada tahun 2017 yang sangat berdampak pada pembangunan Pulau Wetar yaiitu pengibaran seribu bendera Merah Putih di perbatasan Pulau Wetar dengan Republik Demokrat Timur Leste (RDTL) dengan menggandeng Kodam XVI/Pattimura serta menghadirkan Menteri BUMN, Rini Soemarno ke wilayah itu.

”Saat itu, satu buah BTS 4G milik Telkomsel langsung dibangundan sampai saat ini masih beroperasi. Menteri yang ke Wetar juga membawa direksi BUMN, seperti Pertamina, Telkomsel dan akhirnya wilayah itu menjadi pusat perhatian,” kata Madiuw.

Karena itu ia berharap kepengurusan periode ini bisa membuat gebrakan demi kemajuan masyarakat dan Pulau Wetar.

”Saya sempat menghubungi Kepala Dinas Pariwisata MBD, pak Mon Leha dan beliau katakan, dipastikan Wisata Welora akan menyabet penghargaan di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang segera akan diumumkan. Saya pingin agar Danau Tihu yang sangat indah dengan keunikan yang dimiliki bisa dipromosi agar kedepan bisa juga diikutkan di ajang API sehingga bisa dikunjungi wisatawan. Ini tugas dari kepengurusan kalin ini,” harapnya.

Wartawan senior yang juga salah satu pimpinan di media massa di Kota Ambon ini juga mengingatkan segenap potensi P3WL untuk tidak lupa dengan tugas utamanya yaitu belajar demi mempersiapkan diri menghadapi hari depan yang semakin banyak tantangannya.

”Sekarang ini masa pandemi Covid-19. Kegiatan belajar mengajar tidak berjalan dengan baik. Tapi sangat luar biasa kalau karena semangat yang tinggi ada yang memanfaatkan kelemahan ini untuk tampil lebih unggul dari yang lain dengan cara belajar dengan giat,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum P3WL Ambon, Imanuel Correia mengharapkan agar segenap potensi P3WL Ambon juga semua masyarakat Pulayu Wetar dan Lirang tetap menjaga persatuaan dengan budaya dan adat istiadat yang ada.

Ia juga menjanjikan bahwa kepengurusan di bawah komandonya sebagai ketua dan Sartika Nahakwain sebagai sekretaris, mereka akan memperjuangkan serta menagih kontribusi PT. Batutua Tembaga Raya (BTR) dan PT. Batutua Kharisma Permai yang sementara mengeksploitasi tambang tembaga di Wetar.

Pasalnya, perusahaan itu sudah menjanjikan beberapa hal kepada masyarakat, baik mengenai pembangunan jalan lintas Lurang-Uhak yang belum terealisasi, maupun kesepakatan pihak perusahan dan Komisi A DPRD Provinsi Maluku pada tahun 2018 dimana akan dibangun kantor perwakilan di Kota Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku, serta pembangunan sekretariat bagi mahasiswa.

”Kami juga akan memperjuangkan kepada pihak perusahaan agar agar masyarakat Wetar yang mau bekerja di perusahaan jangan lagi meminta rekomendasi dari kepala desa Uhak dan Lurang tetapi dari desa asal masing-masing,” demikian Imanuel Correia. (**)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top