KABUPATEN BURU

Penumpang KM. Tidar Dievakuasi ke Darat

Apel siaga Evakuasi penumpang KM Tidar di Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru.

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, — Ratusan penumpang KM. Tidar, dievakuasi oleh Syahbandar Pelabuhan Namlea, ke darat. Pasalnya, sampai saat ini Tidar belum juga beranjak dari tempatnya akibat kandas di Pelabuhan Namlea,Kabupaten Buru, Maluku.

Lihat juga, Detik-detik Evakuasi Penumpang KM Tidar di Namlea

“Setelah koordinasi antara Pelni, Syahbandar dan stakeholder pendukung lainnya, diputuskan mengevakuasi semua penumpang,” kata Paur Subbag Humas Polres Buru Aipda Djamaludin kepada Rakyat Maluku, Senin, 26 Juli 2021.

Ia menjelaskan, para penumpang itu berjumlah 587 jiwa, yang terdiri dari penumpang naik 46 orang dan lanjutan 541. “Nanti setelah evakuasi baru kapal akan ditarik,” ujarnya.

Sebelumnya, KM. Tidar kandas di Pelabuhan Namlea. Kapal milik PT. Pelni ini seyogyanya hendak keluar pelabuhan, tapi karena air surut membuat kapal putih itu gagal.

KM. Tidar saat itu dari Jakarta, baubau dan berlabuh di Namlea. Kapal ini hendak keluar menuju Pelabuhan Yos Sudarso , Ambon. Sayang, saat olah gerak beberapa meter dari dermga tepatnya di sisi sebelah barat, karena faktor dorongan angin haluan depan kapal menyentuh opstakel di laut ( daratan kering ) yang mengakibatkan KM. Tidar kandas, dan tidak bisa melakukan Manuver. Posisi Kordinat : 127.04.885 E, pada Waktu 12.44 WIT 03 16.217 S 127’04,799 E pada 13.02 WIT. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top