Uncategorized

Pleno KPU Malteng BAILEO Unggul Di Sembilan Kecamatan

RAPAT pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubermur Maluku 2018 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten MalukuTengah (Malteng), Rabu, (4/7/18) dipusatkan di Gedung Mae Oku Kota Masohi.

Pleno rekapapitulasi yang dipimpin langsung Ketua KPU Malteng, Ridwan Tomagola, dimulai pukul 09:00 Wit dan berakhir pada pukul 23:28 Wit. Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur nomor urut dua Irjen Pol Murad Ismail dan Bernabas Orno (BAILEO), berhasil unggul di sembilan kecamatan di Malteng dari 18 kecamatan yang ada.

Dari pantauan media, setidaknya ada 18 Form DA1-KWK kecamatan berhasil direkap ke dalam model DB-KWK Kabupaten.

Dari hasil rekap perolehan suara tiga pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pada 18 Kecamatan, pasangan Cagub-Cawagub nomor urut dua, Murad Ismail dan Barnabas Orno (Baileo) memperoleh 75.838 suara.

Disusul pasangan nomor urut satu, Said Assagaff dan Andrias Rentanubun (Santun) dengan perolehan suara 57.504. Sementara pasangan nomor urut tiga, Herman Koedoboen dan Abdulah Vanath (Hebat) peroleh 46.349 suara.

Keunggulan pasangan Baileo di 9 kecamatan yakni kecamatan Kota Masohi, Elpaputi, Seram Utara Barat, Seram Utara Timur Kobi, Nusalaut, Saparua, Saparua Timur, Leihitu dan Kecamatan Leihitu Barat.

Sementara pasangan Hebat unggul di lima Kecamatan diantaranya, Kecamatan Amahai, Teon Nila Serua, Seram Utara, Seram Utara Timur Seti, Tehoru dan Kecamatan Teluti. Dan pasangan Santun hanya unggul di tiga Kecamatan, masing-masing Kecamatan Banda, Kecamatan Pulau Haruku dan Kecamatan Salahutu.

Meski hanya unggul di tiga kecamatan, namun akumulasi perolehan suara Pasangan Assagaff – Rentanubun,memperoleh suara terbanyak kedua di bawah pasangan Baileo dan pasangan Hebat berada pada urutan ke tiga sebagai perolehan suara juru kunci.

Untuk jumlah suara pemilih sesuai data KPU, dari 288.557 daftar pemilih tetap (DPT) Gubernur dan Wakil Gubermur Maluku 2018, hanya 181.169 pemilih yang berpatisipasi gunakan hak suara, Total penggunaan hak suara tersebut terdiri dari 179.691 suara sah dan 1.478 tidak sah, sementara 107.388, yang tidak menggunakan hal pilih.

Kondisi jalannya pleno berjalan aman dan lancarhanya saja, Pleno sempat molor dua jam, oleh Ketua PUD Ridwan Tomagola harus menskor pleno selama 2 jam.Sebab, saat akan dimulainya rekapitulasi hasil Kecamatan Salahutu, berita acara Fom DA1 KWK tidak ada dalam kota suara.

Sehingga Bawaslu Malteng yang mengawal proses rekapitulasi, merekomendasikan KPU perlu membacakan Model DAA KWK pada lima Desa yang tersebar di Kecamatan Salahutu, sebagai bahan pengujian terhadap salinan berita acara Form DA1 yang digengam Bawaslu. Dari awal pleno hingga akhir, Bawaslu tidak menemukan pelanggaran pemilu.

“Kami menilai panitia pemilihan Kecamatan atau PPK perlu lebih profesional lagi. Karena terjadi banyak kesalahan meski sudah diperbaiki atas kesepakatan KPU, Bawaslu dan saksi tiga pasangan calon. Soal pergeseran perolehan suara menurut kami tidak dan tidak ada pelanggaran karena perhitungan sudah sesuai dengan regulasi,” ujar Ketua Bawaslu Maluku Tengah Risal Sahupala usai usai Pleno kepada pers.

Sementara itu Ketua KPU Malteng Ridwan Tomagola mengapresiasi Masyarakat dan Kepolisian yang telah membantu mensukseskan pilkada Maluku 2018 berjalan aman dan baik. “Pertama kami bersyukur karena penyelenggara dari tingkat PPS hingga PPK dan KPU sudah menyelesaikan tugas dengan baik, meski ada catatan-catan koreksi. Tapi semua itu adalah merupakan proses yang harus kita perbaiki. Ucapan banyak terimakasih kepada kepolisian yang sudah mengawal kami hingga selesainya pleno hari ini dengan tertib aman dan lancar,” ujar Tomagola.

Sementara itu, sampai diakhir pleno, penandatanganan berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dimana oleh Ketua KPU Ridwan Tomagola, mempersilahkan saksi pasangan calon nomor urut tiga Herman Vanat (Hebat), menolak untuk menandatangani berita acara. Sementara saksi pasangan calon nomor urut satu Asagar-Rentanubun (Santun) dan pasangan calonnomor urut dua Murad-Orno (Baileo), menerima dan menandatangani berita acara. (CHN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top