NEWS UPDATE

Rasyad: Cacat Administratif Tidak Berpengaruh Terhadap Subtantif

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Penolakan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Maluku Tahun 2020 yang disampaikan anggota Pansus LKPJ Amir Rumra dan Ketua Fraksi Golkar, Anos Yeremias ditanggapi Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Rasyad Effendi Latuconsina.

Menurut Rasyad, cacat administratif seperti yang disebutukan itu tidak berpengaruh terhadap subtantifnya. Sehingga alasan itu, tidak bisa digunakan untuk menolak LKPJ Gubernur. “Dalam Ketentuan Peraturan telah secara jelas memberikan petunjuk untuk dilakukan perbaikan bukan ditolak. Klausul pasal pada ketentuan aturan tersebut juga tidak ditemukan konsideran menolak. Sebaliknya, tugas lembaga adalah memberikan rekomendasi atau mendorong dilakukan perbaikan, ” tutur Rasyad, saat dimintai tanggapanya, Kamis, 6 Mei 2021.

Ia meminta, lembaga DPRD berada pada domain hukum dan tidak boleh berada pada ruang arogansi. Sebaliknya harus ada dimana sesuai dengan kewenangannya.

Lembaga kata Rasyad, juga memberikan kewenangan penuh kepada Pansus untuk mencermati dan menilai. Namun rujukan penialain itu harus berujung mendorong dilakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan peraturan.

Politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) Maluku itu juga meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku untuk membuka diri jika ada hal-hal yang perlu dikritisi.” Ya Pemda juga harus buka diri sehingga rumusan-rumusan kebijakan benar-benar menjadi hasil kerja bersama untuk kepentingan masyarakat. Toh, fungsi kami di DPRD untuk mengawasi kinerja pemerintah, ” tandas Latuconsina.

Ia menambahkan, persoalan-persoalan seperti itu merupakan persoalan biasa yang terjadi setiap tahunnya. Hanya saja ada pola penapsiran yang berbeda. (*)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top