KOTA AMBON

Refleksi Sejarah Perjalanan Jemaat GPM Ebenhaezer-Klasis Kota Ambon di Tengah Tantangan dan Ancaman

Oleh | Penatua Betty Sahertian-Latumenasse | MJ. GPM Ebenhaezer-Skip

Penatua Betty Sahertian-Latumenasse

Hari Ulang Tahun (HUT) Jemaat GPM Ebenhaezer Klasis Kota Ambon, tanggal 31 Oktober 2020 dilaksanakan dibawah sorotan tema “Menghadirkan Kuasa Roh Kudus yang Membaharui Kehidupan Berjemaat di Tengah Ancaman dan Tantangan”, dan dasar firman Tuhan Ulangan 11 : 1 – 7. Ulangan 11:1-7, memberikan catatan sejarah perjalanan Bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Belajar dari sejarah, ketika umat Israel mengalami perjalanan bersama Tuhan, maka hari ini, Jemaat Ebenhaezer Skip mencatat dan merefleksi kembali pengalaman perjalanan hidup bersama Tuhan selama 34 tahun.

Bangsa Israel berjalan bersama dan didalam Tuhan, keluar dan dibebaskan dari Firaun. Betapa perjalanan yang panjang, dengan lika-likunya, tetapi terus menikmati dan merasakan tuntunan dan penyertaan Tuhan. Allah bertanggung jawab, peduli dan berkomitmen menghadirkan damai sejahtera dalam perjalanan hidup ini bangsa Israel, dan konsekwensi dari hal tersebut yaitu Allah menginginkan bangsa untuk tetap setia. Demikian penyertaan Tuhan bagi bangsa Israel, maka kepada Jemaat Ebenhaezer pun Tuhan membuat catatan perjalanan sejarahnya.

Perjalanan 34 tahun perjalanan Jemaat Ebenhaezer, catata sejarah apa yang dapat dipelajari ketika berjalan bersama Tuhan ? Walaupun saat ini kita ada dalam kondisi yang menjadi ancaman, banjir,longsor yang beberapa waktu lalu menimpa, bahkan gempa yang datang seperti membangunkan dan mengagetkan, bahkan tantangan dan ancaman pandemi covid-19 yang masih terus ada sampai hari ini, bahkan dan tantangan serta ancaman lainnya.

Apa yang dapat kita belajar dari catatan sejarah perjalanan 34 tahun ini ? tantangan dan ancaman pandemi covid 19, menjadi salah satu cara Allah mengingatkan kita bagaimana penyertaan Tuhan bagi hidup ini. 34 tahun perjalanan bersama Tuhan menjadikan pertumbuhan iman dalam perjalanan sejarah Jemaat Ebenhaezer. Tuhan Allah yang saat ini sedang menuntun kita melewati masa pandemi ini.

Belajar dari sejarah penyertaan Tuhan menuntun 34 tahun Jemaat Ebenhaezer, umat diminta untuk tetap mengokohkan iman dan pengharapan kepada Tuhan. Tuhan selalu ada dan menyertai perjalanan hidup ini. Sejarah telah membuktikan bahwa tantangan, ancaman yang kita alami tidak pernah akan menyurutkan penyertaan Tuhan bagi Jemaat Ebenhaezer. Tantangan, ancaman boleh datang silih berganti, tetapi janji penyertaan Tuhan tetap ada dan kekal bagi Jemaat Ebenhaezer. Demikian Refleksi firman yang disampaikan oleh Pdt Dr.J. Chr.Ruhulesin,M.Si.

Dan harapan ketua Klasis Kota Ambon Pdt.N. Rutumalessy,S.Th dalam arahannya, mengharapkan Majelis Jemaat GPM Ebenhaezer dan umat tetap ada dalam kesetiaan protokol kesehatan. HUT Jemaat Ebenhaezer ke 34 mengingatkan kita untuk selalu siuman bahwa kita ada sampai saat ini hanya karena kasih dan karunia Tuhan.. Tidak ada satupun yang bisa menghadirkan Ebenhaezer ini, selain karena kasih Tuhan.

Kita bisa menjadi.motivator ataupun perencanatetapi Tuhanlah yang memberikan semuanya ini. Pada Jemaat Ebenhaezer. Tuhan tidak dengan sengaja menjadikan dan menempatkan kita di Jemaat ini, karena Tuhan punya rencana indah bagi Jemaat Ebenhaezer.

Pilihan tema HUT, memberi catatan kepada kita untuk dengan dengan sungguh-sungguh memastikan bahwa kita hidup dengan Tuhan.. Dan karena itu sebagai gereja dalam seluruh dinamika yang terjadi di jemaat ini..kita percaya Tuhan akan selalu menyertai dan menolong kita.

Ketua Majelis Jemaat Ebenhaezer, Pdt. Godlief, J.A. Koritelu,S.Th, dalam ucapan selamat datangnya, menyatakan turut bersukacita bersama umat, atas penyertaan dan karuia Tuhan pemberi hidup ini. Jemaat Ebenhaezer mengalami proses bertumbuh dan berkembang dalam kasih penyertaan Tuhan, melewati suka dan duka, tantangan dan ancaman.

Menjelang HUT, umat telah dipersiapkan untuk mengenang perjalanan setahun, dimulai dari Sepekan bersama keluarga, umat dibimbing untuk mengenang sejarah perjalanan bersama Tuhan, dilanjutkan dengan pelaksanaan Seminar Online menghadirkan SekUm MPH Sinode GPM Pdt.Elifas, Maispatella,M.Si dan Akademisi Fakultas Teologi UKIM Pdt Prof, Agustinus M.L. Batlajery,Ph.D, memberikan penguatan kemampuan aparatur penyelenggara pelayanan gereja di Jemaat Ebenhaezer dan kegiatan pergumulan Majelis Jemaat GPM Ebenhaezer.

Dalam catatan sejarah perjalanan bersama Tuhan, umat diajak untuk belajar tetap setia dan menjadi orang-orang yang dipilih TUHAN.

Saat kita berada dalam kondisi pandemi covid-19, yang tidak kita ketahui sampai kapan akan berakhir, betapa kasih dan penyertaan Tuhan tidak pernah berubah. Covid-19 boleh ada, gempa boleh datang, tapi satu hal yang kita yakini, bahwa perjalanan hidup ini selalu ada dalam tuntunan penyertaan Tuhan. Menjalani hidup ini dengan erus berpasrah diri pada Tuhan, isi hidup berkat Tuhan ini dengan kerja dan pelayanan supaya tetap menjadi berkat dalam seluruh derap langkah pelayanan di Jemaat ini. Tuhan memberkati kita semua.
Ebenhaezer, “ Sampai di sini Tuhan menyertai kita”.
Selamat Hari Ulang Tahun, Tuhan Yesus memberkati dalam usia yang baru. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top