Uncategorized

Satu Tahun Kepemimpinan, Fatlolon Tegaskan Masih Banyak Yang Perlu Dilakukan

Petrus Fatlolon

RakyatMaluku.com – KEPEMIMPINAN Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly sebagai Bupati – Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) akan memasuki usia satu tahun setelah dilantik 22 Mei 2017 lalu.

Di dalam kepemimpinannya, kepala daerah di Bumi Duan Lolat ini, mengakui masih ada banyak hal yang perlu dilakukan, terutama dalam rangka menurunkan tingkat kemiskinan.

“Rasanya waktu berputar terlalu cepat, kepemimpinan kami berdua telah masuk dalam satu kepemipinan, tentu masih banyak yang perlu dituntaskan, yaitu menyangkut persoalan kemiskinan,”ujar Fatlolon kepada wartawan di Ambon, Minggu 20 Mey.

Menurutnya, kepimimpinan di tahun pertama merupakan bagian dari konsolidasi program dan pembenahan birokrasi serta perencanaan pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang telah rampung dan akan diiplmenetasikan dalam bentuk program prioritas, dalam rangka mengurangi kemiskinan.

“Progtam tersebut yaitu pembangunan infrastruktur, dan program yang menyentuh masyarakat secara langsung, yakni di bidang pendidikan dan kesehatan, yang menjadi perhatian khusus pemkab,”ucapnya.

Dijelaskan, untuk bidang pendidikan tahun ini pemkab MTB memprogramkan pendidikan bersubsidi, baik itu biaya sekolah, sarana prasarana pendukung semuanya dibiayai melalui Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).“Jadi selain BOS yang dicanangkan pemerintah pusat kota juga menyiapkan BOSDA untuk memajukan pendidikan di daerah kami,”ulasnya.

Sementara untuk program kesehatan, pihaknya telah menganggarkan dana untuk mengkafer masyarakat MTB masuk dalam BPJS. Hal ini dimaksudkan, agar masyarakat yang sakit bisa dibiayai secara langsung oleh pemda, baik itu dari tingkat pelayanan di Pustu sampai Rumah Sakit milik pemerintah.

“Upaya ini membuktikan adanya perhatian pemkab dalam mesejahterakaan masyarakat dan mengeluarkan MTB dari keterpurukan kemiskinan,” pungkasnya. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top