HUKRIM

Sekretaris Negeri Haria Ditahan

mantan Sekretaris Negeri Haria, Leo Manuhutu, saat akan dibawa ke Rutan Klas II.A Ambon, Rabu, 5 Januari 2022.

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon Cabang Saparua melakukan penahanan terhadap mantan Sekretaris Negeri Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Leo Manuhutu, ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II.A Ambon, Rabu, 5 Januari 2022.

Kepala Cabang Kejari (Kacabjari) Ambon di Saparua, Ardy, mengatakan, penahanan dilakukan setelah penyidik menyerahkan Leo Manuhutu, tersangka dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Negeri Haria tahun 2018 beserta barang buktinya ke Penuntut Umum (Tahap II), bertempat di Kantor Kejari Ambon.

“Tersangka LM ditahan selama 20 hari ke depan demi kepentingan penuntutan. Yakni, agar tersangka tidak melarikan diri, tidak menghilangkan berang bukti, dan tidak mengulangi perbuatan yang sama,” kata Ardy, kepada wartawan di Kantor Kejari Ambon.

Dia menjelaskan, sebelum proses tahap II kemudian ditahan, tersangka Leo Manuhutu yang didampingi kuasa hukumnya, Ferry Lattupeirisa, terlebih dahulu menjalani pemeriksaan oleh penyidik untuk melengkapi berkas perkaranya di tahap penyidikan.

“Tentunya kami akan bekerja cepat dan profesional, sehingga bisa segera melimpahkan perkaranya ke pengadilan untuk disidangkan,” jelas Ardy.

Dikatakan Ardy, untuk dua tersangka lainnya, yakni Josep Souhoka selaku bendahara Negeri Haria dan Yanes Manuhuttu selaku Kasi Pembangunan Negeri Haria, juga sebelumnya telah ditahan oleh Penuntut Umum di Rutan Klas IIA Ambon.

Dia menjelaskan, sesuai hitungan ahli dari Poltek Ambon, ditemukan kerugian keuangan negara yang dilakukan para tersangka itu sebesar Rp300 juta lebih.

“Yang bermasalah ADD dan DD Negeri Haria tahun anggaran 2018, nilai kerugian keuangan negaranya sekitar Rp300 juta lebih,” pungkasnya. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top