KABUPATEN SBT

Tiga Camat di SBT Dilantik di Gorom

RAKYATMALUKU.COM – BULA, – Tiga pimpinan wilayah (Camat) dilingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur resmi dilantik. Ketiga camat tersebut adalah camat Seram Timur, camat Kiandarat dan camat Werinama. Pengambilan sumpah jabatan ketiganya dilakukan di Desa Amarsekaru Kecamatan Pulau Gorom pada Sabtu, 13 November 2021.

Mereka yang dilantik adalah Mohammad Yamin Rumalutur sebagai Seram Timur, Balkan Kaplale sebagai camat Kiandarat dan Ibrahim Sikdewa sebagai camat Werinama.

Selain ketiga camat, pada kesempatan tersebut Bupati yang diwakili wakil bupati SBT, Idris Rumalutur juga melantik tiga pejabat eselon III dilingkup pemkab SBT. Mereka adalah Zahara Kotarumalos yang dilantik sebagai kepala bidang kedaruratan dan logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) SBT, Donny Sutrisno Gimalaha sebagai kepala bidang rehabilitasi pada dinas Sosial Kabupaten SBT dan Achmad Efendy Rumatemerik sebagai kepala bidang mutasi, status kepegawaian dan Kopri Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Kabupaten SBT.

Wakil bupati Idris Rumalutur dalam sambutannya mengatakan, mutasi merupakan hal yang lumrah dalam rangka meningkatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Oleh karena itu, momentum pelantikan pejabat eselon III itu harus dimaknai sebagai suatu hal yang biasa terjadi didalam tubuh birokrasi.

“Proses ini merupakan hal yang lumrah dan biasa dalam sebuah perjalanan pemerintahan, hal sangat normatif berdasarkan pada ketentuan hukum dan peraturan,”kata Rumalutur.

Menurut wabub, penyegaran di tubuh birokrasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan karier Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jenjang ke jenjang. Oleh sebab itu Wabub berharap, ASN yang telah disumpah dalam jabatannya harus menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuhnya untuk melayani masyarakat.

“Kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik diharapkan harus menerjemahkan tugas jabatan sebagai amanah yang wajib dijalankan penuh penuh tanggung jawab sebagaimana sumpah jabatan yang telah diucapkan,”harap Wabub.

Selain itu wabub juga meminta, para pejabat eselon yang baru saja dilantik harus loyal dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab serta taat terhadap keputusan yang diambil oleh pimpinan dalam lingkup tugas masing-masing.

“Saya mengajak kita untuk sama-sama menyadari bahwa kenaikan pangkat merupakan hak seorang PNS akan tetapi jabatan merupakan kepercayaan seorang pimpinan terhadap seorang PNS yang harus meliputi loyalitas, kemampuan dan kompetensi,”katanya.

Dalam sambutannya wabub memberikan catatan tiga peran penting pimpinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugasnya dilembaga yang dipimpinnya. Ketiga peran tersebut antara lain, pimpinan ASN harus menjadi seorang pelaksana (Impleminator), sebagai seorang manajerial dan sebagai seorang eksekutor. Dikatakan, dari tiga peran tersebut seorang pimpinan akan mampu menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya.

“Semoga keberadaan saudara akan memberikan energi baru dalam pelaksanaan tugas-tugas sehingga dapat meningkatkan kinerja dan memberikan manfaat bagi masyarakat,”ucap Wabub.

Acara pelantikan yang dilaksanakan di gedung SMP 10 Pulau Gorom desa Amarsekaru itu dihadiri bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, Plt Sekda, Drs. Jafar Kwairumaratu, ketua TP-PKK Kabupaten SBT, Ny. Yulia Misa Keliobas, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup pemkab serta tamu undangan lainnya. (ARIF)

--------------------

Berita Populer

To Top