KABUPATEN SBT

Tim Gugus Tugas SBT Gelar Penyemprotan Disinfektan Massal

RAKYATMALUKU.COM – SBT,- Guna mencegah masuknya wabah Coronavirus disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), maka seluruh jajaran yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 di kabupaten setempat, mulai dari TNI, Polri, Pemda SBT, hingga pihak perusahaan minyak Citic dan Kalrez, menggelar penyemprotan cairan disinfektan secara massal di seluruh wilayah Bula, Kabupaten SBT, Selasa, 31 Maret 2020.

Bupati Kabupaten SBT, Abdul Mukti Keliobas berbincang dengan Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar, di sela-sela Apel Persiapan Penyemprotan Disinfektan Massal di Halaman Kantor Polres SBT, Selasa, 31 Maret 2020. | Foto: Ardy | Humas Polres SBT.

Kegiatan diawali dengan apel di halaman Kantor Polres SBT, yang melibatkan seluruh unsur Muspida, mulai dari Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar, Wakapolres SBT, Kompol Laudin Taher, Perwira Penghubung,Kapten Inf M.Mahubessy,Danki Kompi Senapan E Yonif 731 Kabaressy, Lettu Inf Dicky Dian, Danki Brimob Kompi B,Iptu S.Duwila, Kapolsek Bula,AKP Sin Sabaar, Asssiten Pemerintahan dan Kesra, Ait Wokanubun, Kadis Kesehatan SBT, Abas Rumatumerik, Kepala BPBD SBT, Usman Keliobas, Camat Bula, Hadi Rumbalifar, serta Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten SBT.

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas mengharapkan agar pelaksaan kegiatan ini berjalan sesuai yang sudah direncanakan. Di mana, penyemprotan cairan disinfektan sebagai bagian dari usaha untuk mencegah masuknya wabah Covid-19 di wilayah SBT. Kegiatan ini merupakan tugas kemanusiaan yang harus dilakukan secara ikhlas, dengan harapan agar wabah mematikan ini tidak masuk ke wilayah Ita Wotu Nusa itu.

Ia berharap, setiap kegiatan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 di SBT, harus dipantau dan dilaporkan secara intens. Sehingga, perkembangan akan wabah tersebut dapat diketahui dan diambil tindakan preventif untuk pencegahan.

Bupati menyadari dengan sungguh, masyarakat perlu mendapatkan pembinaan dan sosialisasi secara intens, agar dapat menyadari bahayanya wabah Covid-19, yang telah memakan korban ribuan jiwa di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. “Masih banyak warga yang berkumpul. Kita harus mampu memberikan kesadaran kepada warga, agar menghindari aktifitas keramaian. Warga harus diingatkan untuk berdiam diri di rumah. Karena itu salah satu solusi yang kini ditempuh di seluruh dunia untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 di masyarakat,” tekan Bupati, mengingatkan.

Tak saja itu, Bupati juga berpesan kepada warga SBT, termasuk para pelajar dan mahasiswa yang saat ini berada di luar Maluku, agar untuk sementara tidak kembali ke kampung halamannya. Hal ini penting, guna melindungi keluarga dan warga umumnya di SBT, serta sebagai tindakan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar, di sela-sela kegiatan ini mengakui, penyemprotan cairan disinfektan massal yang dilakukan ini merupakan bagian dari kegiatan nasional dalam usaha pencegahan wabah Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di SBT. Hal ini dilakukan untuk melindungi keselamatan warga pada umumnya dari wabah Covid-19. “Penyemprotan massal ini melibatkan sekitar 160 personil gabungan baik dari Polri,TNI, Perusahaan Citic dan Kalrez, Pemda seperti BPBD, Dinkes maupun Satpol PP.”

Kapolres berharap, masyarakat di SBT tetap menjaga kesehatannya dengan cara membersihan lingkungan rumah, dan mengutamakan kebersihan diri, sebagai langkan preventif dini untuk pencegahan wabah mematikan ini. “Instruksi ini kita lakukan serentak sampai ke tingkat Polsek-polsek, namun kita saat ini masih terkendala sarana-prasarana. Sementara masih di ibu kota kabupaten dulu. Setelah ini akan kita dorong dan akan kita laksanakan ke daerah-daerah lain,” akui Kapolres. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top