HUKRIM

Tim Satgas Pangan Polres Ambon Sasar Distribrutor Beras

RakyatMaluku.com – TIM Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Resor Pulau Ambon dan Pp Lease menyasar distributor beras di Kota Ambon. Kehadiran Satgas Pangan, untuk memantau langsung pasokan beras juga sembako. Mereka memastikan kalau beras tetap stabil sampai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pangan Polres Ambon dan Pp Lease AKP R.E Adikusuma mengatakan, di Bulan Ramadan ini, pihaknya hanya memastikan ketersediaan pangan, apakah bisa bertahan sampai lebaran atau tidak. Satgas Pangan, tambah dia, melakukan pemantauan seminggu sekali kepada beberapa distributor besar yang ada di Kota Ambon.

“Pemantauan yang dilakukan ol­eh Tim Satgas Pangan Polres Ambon, dibeberapa distributor besar di Kota Ambon, seperti, Indo Jaya, UD Gema Rejeki, Toko Fani (CV Abadi Mandiri), CV Barkat Mulia, UD Padi Emas,UD HJN, PT Bintang Sakti Semesta,Toko Fortuna, gudang besar Bulog Huruf F, di Daerah Air Salobar, dan gudang beras Bulog, di Desa Halong,” ungkap Perwira Polri berpangkat tiga balok emas itu.

Ia menjelaskan dari semua distributor, stok beras mencukupi hingga Idul Fitri mendatang. Beras yang tersedia di distributor, itu berukuran 5 kg sampai 25 kg. UD Gema Rejeki misalnya, stok beras mereka, itu 1 ton 596 kg berbagai merk. TokoFani (CV Abadi Mandiri), 2.1 ton lebih, CV Berkat Mulia, stok beras sebanyak 179 ton 41kg, UD Padi Emas, 40 ton, Indo Jaya, stok beras yang tersedia sebanyak 20 ton 781 kg, UD HJN, beras tersedia sebanyak 8 ton 473 kg, PT Bintang Sakti Semesta, 9 ton 700 kg, Toko Fortuna, sebanyak 22 lebih, Bulog gudang beras huruf F di Air Salobar, 1.303 ton, dan gudang Bulog di Desa Halong, merk PSO medium,sebanya 1.311 ton.

“Dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh Aiptu Herman Mashudin (Kepala Tim) bersama personil tim Satgas Pangan Polres Ambon , tercatat beberapa stok besar yang dipasok oleh distibutor beras yang ada di Maluku, dari Sulawesi Selatan (Makasar) dan Pulau Jawa dapat mencukupi hingga memasuki perayaan Idul Fitri,” tutur Adikusuma.

Dari pemantauan yang dilakukan Satgas Pangan, tim menemukan beberapa distributor beras di Kota Ambon, yang sudah tak lagi memasuk makanan pokok itu, dengan alasan tingginy biaya akomodasi dan transportasi bongkar muat di pelabuhan.

Ditambahkan, selain melakukan pengecekan terhadap pasokan beras di beberapa distributor di Kota Ambon, Tim Satgas Pangan PolresAmbon, memantau penyuplai Elpiji di Kota Ambon.

“Untuk pengecekan terhadap distributor penyuplai Elpiji Pertamina, dilakukan kepada PT Pemantik Sumber Pratama dengan stok ukuran 5,5 kg, 12 kg dan 50 kg. Dengan rincian ukuran 5,5 kg sebanyak 170 tabung, ukuran 12 Kg, sebanyak 1.834 tabung dan, 50 kg sebayak tabung 151. Stok elpiji ini hanya tersedian di bulan Mei untuk kebutuhan selama bulan puasa,” tutupnya. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top